Deretan Aplikasi Anti-Nyasar untuk Pengendara Motor (1)

Kustin Ayuwuragil Desmuflihah, Jurnalis · Rabu 06 Juli 2016 07:25 WIB
https: img.okezone.com content 2016 07 01 207 1430653 deretan-aplikasi-anti-nyasar-untuk-pengendara-motor-1-WssLTh2VBT.jpg Deretan Aplikasi Anti-Nyasar untuk Pengendara Motor (Foto: Rideapart)

JAKARTA – Ketika Lebaran tiba, musim mudik sudah menjadi tradisi. Tidak semua pemudik menggunakan transportasi public atau mobil. Tak sedikit dari mereka yang menggunakan sepeda motor.

Ketika mudik, beberapa kendala sering dialami. Mulai dari macet dan pergantian jalur menuju tujuan. Jika tidak menguasai jalan, bisa-bisa Anda malah tersasar.

Namun tidak perlu khawatir karena teknologi GPS dan lima aplikasi ini dapat membantu Anda menemukan jalan. Berikut lima aplikasi yang cocok untuk pengendara motor yang tidak bisa selalu menatap peta di smartphone ketika berkendara:

Google Maps

Aplikasi yang merupakan produk Google ini cukup lengkap fiturnya. Petanya memberikan informasi yang update dan paling luas sejauh ini. Namun tak jarang pula ia memberikan jalan-jalan yang lawas, terutama di daerah yang jarang penduduk.

Menariknya, Google Maps menawarkan petunjuk jalan dengan berbagai moda mulai dari berjalan, bersepeda, hiking, dan juga menunjukkan jalan dengan suara. Ia juga secara otomatis menunjukkan arah alternatif jika terjadi salah belok atau perubahan jalur.

Waze

Aplikasi ini memiliki pendekatan berbeda untuk membuat perbaikan. Aplikasi ini mengandalkan crowd source yang artinya pengguna bisa mengedit jalan atau memberikan jalur baru ketika mengendarai.

Semakin sering Anda menggunakan Waze, akan menjadi semakin pintar aplikasi tersebut untuk Anda. Aplikasi ini baik untuk menghindari kemacetan dan gratis untuk digunakan.

CoPilot

Aplikasi ini lebih cocok untuk perancang perjalanan. Jika aplikasi sebelumnya menggunakan sistem yang tak perlu diunduh, beda cerita dengan CoPilot. Aplikasi ini memerlukan memori setidaknya 1 GB untuk meletakkan database Point of Interest.

Artinya, Anda harus merencakan peta mana saja yang akan digunakan. Aplikasi ini terekomendasi bagi Anda yang akan berpergian ke tempat yang tidak mendapat jaringan baik. Aplikasi ini juga terintegrasi dengan Yelp, Google, dan lainnya sehingga lebih reliable.

(kem)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini