Nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Tahukah Anda Asal Nama Galaksi Bima Sakti?

Kustin Ayuwuragil Desmuflihah, Jurnalis · Sabtu 09 Juli 2016 00:32 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2016 07 01 56 1430716 tahukah-anda-asal-nama-galaksi-bima-sakti-4HkUJXVjj3.jpg Tahukah Anda Asal Nama Galaksi Bima Sakti? (Foto: NASA)

JAKARTA – Galaksi Bima Sakti adalah julukan untuk galaksi yang kita huni, namun tahukah Anda asal nama tersebut?

Dari berbagai sumber yang dirangkum Okezone, nama Bima Sakti dicetuskan oleh Presiden RI pertama, Soekarno. Konon Soekarno terinspirasi nama itu ketika ia melihat pemandangan Bima Sakti yang tampak seperti lukisan naga samudera yang membelit tubuh Bima ketika dia mengunjungi Observatorium Bosscha, Lembang, Bandung.

Menurut Soekarno, pusat Bima Sakti seperti menggambarkan bayangan hitam dan aura cemerlang menggambarkan tokoh pewayangan Bima, menurut Info Astronomi. Namun seperti diketahui, Galaksi Bima Sakti sebenarnya memiliki nama yang berbeda-beda di setiap negara.

Today I Found Out mengatakan bahwa tidak ada orang yang tahu pasti asalnya nama Milky Way. Dalam Bahasa lain, Milky Way juga memiliki nama lain yang berhubungan dengan cerita mitos asli setempat seperti di Finlandia dengan “Linnunrata” yang berarti “jalan burung”.

Dalam mitologi Finlandia, dunia terbentuk dari semburan telur yang mengalir. Langit adalah cangkang telur sedangkan Bumi seperti yang kita ketahui dipercaya datar. Tetapi, tidak semua Bahasa demikian. Beberapa bahasa memilih menerjemahkan Milky Way secara langsung dalam bahasanya seperti Jerman dengan “Milchstrasse” dan Norwegia dengan “Melkeveien”.

(kem)

Loading...

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini