Share

Fakta Belut Listrik yang Belum Anda Ketahui

Kustin Ayuwuragil Desmuflihah, Jurnalis · Sabtu 16 Juli 2016 06:06 WIB
https: img.okezone.com content 2016 07 15 56 1439018 fakta-belut-listrik-yang-belum-anda-ketahui-MTpB0T2mnl.jpg Fakta Belut Listrik yang Belum Anda Ketahui (Foto: Mental Floss)

JAKARTA – Belut listrik adalah salah satu hewan unik yang dapat mengalirkan energy listrik. Namun yakinkah Anda sudah mengetahui seluk beluk mengenai makhluk yang hidup di air tawar tersebut.

Berikut fakta mengenai belut listrik yang belum Anda ketahui seperti dilaporkan Mental Floss, Sabtu (16/7/2016).

Belut listrik ternyata bukanlah belut sungguhan. Mereka adalah anggota dalam keluarga ikan pisau. Makhluk ini asli berasal dari sungai di Amerika Selatan dan tidak menghabiskan waktu hidupnya secara terus menerus di dalam air. Mereka harus selalu ke permukaan air untuk bernafas.

Semua organ vital belut listrik ini dijejalkan ke dalam 20 persen depan tubuhnya. Sisanya dikemas dengan 6.000 sel yang bertindak seperti baterai kecil. Dengan banyaknya sel tubuh yang dirancang khusus untuk listrik, tak heran belut dapat mengeluarkan lebih dari 600 volt.

Namun lucunya, belut listrik tidak dapat melihat apa yang mereka kejutkan dengan listriknya. Mereka sebagian besar buta dan menggunakan radar seperti sistem pulsa elektrik untuk menavigasi dan menemukan makanan. Kulit tebal belut biasanya melindungi mereka dari serangan mereka sendiri, tetapi ketika terluka, mereka akan menyetrum diri mereka sendiri pula.

Kendati demikian, serangan fatal pada manusia jarang terjadi. Namun, itu tidak berarti belut tidak berbahaya. Banyak orang tenggelam setelah disetrum hewan ini.

(kem.-)

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini