Bagaimana Nasib Flickr Usai Yahoo Dibeli Verizon?

Ahmad Luthfi, Jurnalis · Selasa 26 Juli 2016 16:02 WIB
https: img.okezone.com content 2016 07 26 207 1447194 bagaimana-nasib-flickr-usai-yahoo-dibeli-verizon-5I2pp2TtXP.jpg (Foto: Flickr)

CALIFORNIA - Yahoo Inc akhirnya diakuisisi oleh operator telekomunikasi Verizon dengan biaya USD4,8 miliar atau Rp63 triliun. Pasca dibeli Verizon, nasib Flickr yang dimiliki oleh Yahoo belum jelas.

Dilansir Theguardian, Selasa (26/7/2016), di era Instagram dan kepopuleran aplikasi filters, melupakan Flickr mungkin sesuatu yang mudah. Seperti diketahui, Flickr dibeli Yahoo pada 2005 dan menjadi salah satu website yang populer.

Akan tetapi, kejayaan Flickr tampaknya tidak berlangsung lama. Pendiri Flickr dan kini salah satu pendiri Slack serta CEO, Stewart Butterfield mengatakan bahwa inovasi di Flickr mati usai diakuisisi.

Ia dan rekan-rekan pendiri berpikir bahwa mereka akan dipelihara oleh Induk, namun malah menemukan bahwa mereka harus berjuang untuk sumber daya. Yahoo juga dianggap terlambat saat meluncurkan aplikasi mobile Flickr di 2009 dan memiliki banyak bug.

Saat kepemimpinan dipegang oleh Marissa Mayer pada 2012, pengguna Flickr berharap bahwa layanan berbagi foto itu akan diperhatikan dengan layak. Akan tetapi, beberapa pengguna Flickr yang merupakan fotografer profesional merasa kecewa.

"Kita semua memiliki banyak harapan bahwa Yahoo akan mampu membawa (Flickr) kembali ke kehidupan, tetapi perubahan yang diperkenalkan mengambil hal-hal yang kita benar-benar mencintai," jelas Laura Ward, fotografer asal London.

Ward merasa bahwa pengguna inti Flickr memberi umpan balik namun tidak didengarkan. "Itu sedikit menghina orang-orang yang telah menggunakan begitu aktif selama bertahun-tahun. Kami jelas tidak menjadi target audiens lagi," tuturnya.

Kekecewaan juga dialami oleh Sean Bonner, sebagai pengguna yang mengunggah hampir 13 ribu gambar ke situs Flickr. Menurut Bonner, banyak orang yang telah membayar uang untuk mendukung layanan, yang nyatanya tidak bekerja. Sehingga, orang menyerang dan meninggalkan layanan itu.

Bonner dan Ward masih menggunakan Flickr, walau hampir tidak aktif. Keduanya khawatir tentang masa depan platform di bawah kepemilikan Verizon.

Juru bicara Yahoo mengatakan, Flickr merupakan komunitas berbagi foto terbesar di dunia. "Platform untuk jutaan orang yang upload bersama lebih dari 12,4 miliar foto," ujar Yahoo.

(ahl)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini