Share

MediaTek Akhirnya Buka Suara soal Helio X30

Moch Prima Fauzi, Jurnalis · Selasa 26 Juli 2016 19:50 WIB
https: img.okezone.com content 2016 07 26 207 1447449 mediatek-akhirnya-buka-suara-soal-helio-x30-MShtuLn9JJ.jpg MediaTek Akhirnya Buka Suara Soal Helio X30. (Foto: Gizmochina)

BEIJING – Pembuat Chip Prosesor MediaTek akhirnya buka suara terkait beberapa spesifikasi dari produk terbarunya yakni Helio X30. Hal itu seperti dikatakan langsung oleh COO MediaTek sendiri, Zhu Shangzu, dalam suatu acara wawancara.

Sebagaimana dilansir Gizmochina, Selasa (26/7/2016), Shangzu mengatakan keoptimisannya terhadap chip seri X dan P akan memiliki peningkatan persepi masyarakat tentang merek MTK. Itu karena chispet tersebut telah mulai banyak digunakan oleh perangkat flagship.

Soal spesifkasi, ia kemudian mengonfirmasi bahwa MediaTek Helio X30 akan diproduksi oleh TSMC menggunakan arsitektur 10 nm. Selain itu, prosesor tersebut juga akan mendukung untuk 3 baseband carrier aggregation yakni Cat 10 - Cat 12 jaringan baseband.

Selain itu untuk mendukung kinerja grafisnya, MediaTek juga mengolaborasikannya dengan GPU PowerVR dan menangguhkan GPU Mali milik ARM. MediaTek beralasan PowerVR memiliki performa yang lebih tinggi dan konsumsi daya yang efisien.

Helio X30 memiliki inti pemrosesan sebanyak 10 unit (deca-core), dan dual-core di antaranya berarsitektur Artemis dengan kecepatan 2,8 GHz. Sisanya yakni quad-core A53 dengan clock 2,2 GHz dan quad-core A35 clock 2 GHz.

Untuk memorinya sendiri, chip ini mendukung empat channel LPDDR4 RAM hingga modul penyimpanan RAM 8 GB dan mendukung jenis penyimpanan UFS 2,1. Sedangkan untuk smartphone yang akan memakai jasanya, sampai saat ini masih belum diketahui.

MediaTek diketahui sedang dalam memproduksi chipset seri P20 secara masal dan kemungkinan perangkat yang bakal mendukung Helio X30 akan mulai diketahui pada pertengahan tahun depan.

(kem)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini