Proyek Palapa Ring Dukung Ekonomi Digital Indonesia

Arsan Mailanto, Jurnalis · Kamis 11 Agustus 2016 18:46 WIB
https: img.okeinfo.net content 2016 08 11 207 1461296 proyek-palapa-ring-dukung-ekonomi-digital-indonesia-nBuWhAWRMK.jpg Menkominfo Rudiantara (Foto: Dok. Kominfo)

JAKARTA - Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo), Rudiantara tengah berfokus pada Proyek Palapa Ring, ada tiga paket yaitu Palapa Ring Barat, Tengah, dan Timur yang diharapkan mampu mendukung perkembangan perekonomian digital di Indonesia.

"Pemerintah saat ini tengah membangun jaringan fiber optik hingga 2019, sehingga nantinya seluruh kabupaten dan kota di Indonesia terkoneksi internet melalui Proyek PalapaRing," ujarnya di Jakarta, seperti dikutip Kominfo.go.id, Kamis (11/8/2016).

Menurutnya, Proyek Palapa Ring membuat akses internet di Indonesia lebih merata dan tidak timpang, sehingga akan mendukung perkembangan berbagai sektor ekonomi.

"Saat ini, Internet di Indonesia tidak merata dan timpang. Berdasarkan data Opensignal, di Jakarta, kecepatan unduh internet bisa mencapai 7 Mbps. Dengan akses internet yang lebih cepat akan dapat mendukung perekonomian digital termasuk mendukung sektor pariwisata menjadi lebih semarak," harapnya.

Rudiantara menerangkan, saat ini kecepatan internet di Jakarta berada di peringkat dua di kawasan ASEAN. Posisi Indonesia masih di bawah Singapura namun mengungguli Bangkok (Thailand) dan Kuala Lumpur (Malaysia).

"Sementara di wilayah Timur misalnya Papua, kemampuan unduh internet hanya 300 Kbps," ungkap Pria yang akrab disapa Chief RA tersebut.

"Sangat lemot," kata Rudiantara, "Kondisi itu membuat rata-rata kecepatan internet Indonesia hanya menduduki nomor 4, di bawah Singapura, Malaysia dan Thailand. Bahkan kini Vietnam semakin mendekat (ke posisi Indonesia)," paparnya.

Dia juga menekankan pentingnya akselerasi pertumbuhan dan pemerataan pembangunan infrastruktur jaringan telekomunikasi agar dapat menjangkau dan meningkatkan akses informasi bagi masyarakat Indonesia.

"Dengan terlaksananya Proyek Palapa Ring menunjukkan keseriusan pemerintah UntukĀ  mendorong koneksi internet yang lebih baik dan cepat dapat dirasakan di seluruh wilayah Indonesia," pungkas Menteri.

(kem)

Loading...

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini