Palapa Ring Jadi "Tol Informasi" untuk Satukan Indonesia

Arsan Mailanto, Jurnalis · Minggu 21 Agustus 2016 16:24 WIB
https: img.okeinfo.net content 2016 08 21 54 1469320 palapa-ring-jadi-tol-informasi-untuk-satukan-indonesia-nKNdY78xfV.jpg Menkominfo, Rudiantara (Foto: Dok. Okezone)

JAKARTA - Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) melalui program Palapa Ring akan membangun serat optik di seluruh Indonesia dengan panjang 13.000 kilometer. Proyek ini nantinya sebagai "Tol Informasi" yang akan menyatukan semua wilayah NKRI.

"Proyek ini terdiri atas tujuh lingkar kecil serat optik (untuk wilayah Sumatera, Jawa, Kalimantan, Nusa Tenggara, Papua, Sulawesi dan Maluku) dan satu backhaul untuk menghubungkan semuanya, menyatukan Indonesia," ujar Menkominfo, Rudiantara di Jakarta.

Menurutnya, koneksi internet di wilayah luar pulau Jawa lebih lambat dan lebih mahal. Kecepatan akses di ujung Timur Indonesia bisa 20 kali lebih lambat, namun harganya bisa lebih mahal.

"Dan ini menjadi masalah bangsa, masalah kita bersama. Untuk itu, kita butuh "Tol Informasi" yang akan mendekatkan semua wilayah NKRI," papar menteri seperti dikutip dari Kominfo.go.id, Minggu (21/8/2016).

Rudiantara mencatat lebih dari 500 kabupaten/kota di NKRI, namun yang terhubung broadband atau pita lebar baru sekira 400 kab/kota. Sisanya, hanya setengahnya yang disanggupi dibangun oleh operator. Setengah lagi, dianggap tidak menguntungkan secara keuangan oleh operator.

"Oleh karena itu, pemerintah mengambil kebijakan pemihakan agar semua terhubung pita lebar pada 2019, maka Proyek Palapa Ring akan membangun pita lebar di 57 kabupaten dan kota yang tidak dibangun oleh operator," ungkap pria yang akrab di sapa Chief RA tersebut.

(kem)

Loading...

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini