Alquran Jelaskan Perluasan Alam Semesta

Ahmad Luthfi, Jurnalis · Rabu 24 Agustus 2016 06:01 WIB
https: img.okezone.com content 2016 08 23 56 1471333 alquran-jelaskan-perluasan-alam-semesta-R3BcEnnT6U.jpg Ilustrasi (Foto: RT)

JAKARTA - Alam semesta terdiri dari planet, bulan, bintang, matahari, galaksi, dan seluruh benda luar angkasa lainnya. Tahukah Anda bahwa alam semesta terus mengalami perluasan atau pengembangan.

Dalam Alquran yang diturunkan 14 abad lalu, saat ilmu astronomi belum begitu maju seperti sekarang, Alquran secara jelas menyebutkan bahwa alam semesta terus meluas.

"Dan langit Kami bangun dengan kekuasaan (Kami), dan Kami benar-benar meluaskannya," bunyi Surat Az-Zariyat ayat 47.

Kata langit dalam ayat tersebut disebutkan di banyak ayat Alquran dengan makna luar angkasa dan alam semesta. Ayat dalam Surat Az-Zariyat ini menunjukkan bahwa alam semesta mengalami perluasan dan inilah yang ditemukan oleh ilmu pengetahuan masa ini.

Pandangan ilmu pengetahuan awalnya mengungkap bahwa alam semesta bersifat tetap. Akan tetapi, penelitian yang dilakukan dengan teknologi modern menemukan bahwa alam semesta memiliki permulaan dan terus-menerus mengalami pengembangan.

Pada awal abad ke-20, fisikawan Rusia Alexander Friedmann menemukan bahwa alam semesta mengembang. Fakta tersebut semakin ditegaskan melalui teleskop oleh Edwin Hubble, astronom Amerika yang menemukan bahwa bintang-bintang dan galaksi terus bergerak atau saling menjauh.

(ahl)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini