John Ellenby, Pionir Laptop Tutup Usia

Ahmad Luthfi, Jurnalis · Minggu 28 Agustus 2016 14:18 WIB
https: img.okezone.com content 2016 08 28 57 1475093 john-ellenby-pionir-laptop-tutup-usia-ctCnJ5Vt4s.jpg Compass (Foto: Engadget)

CALIFORNIA - Industri PC kehilangan sosok pemimpin berpengaruh, John Ellenby yang merupakan CEO Grid System. Ia meninggal awal bulan ini di usia 75 tahun.

Dilansir Engadget, Minggu (28/8/2016), penyebab meninggalnya John belum diketahui. John memiliki perusahaan yang sukses menciptakan laptop clamshell komersial pertama yang disebut Compass.

Untuk laptop yang muncul pada era 1982, perangkat ini tebal dan memiliki layar yang tipis. Harganya pun fantastis pada saat itu, yakni dibanderol dengan harga USD8.150.

Meskipun demikian, perangkat ini ditujukan untuk perusahaan dan pemerintah. Munculnya Compass menghadirkan tren baru terkait dengan penggunaan PC modern ketimbang PC desktop.

Sebelum bekerja di Grid, John juga bekerja di Palo Alto Research Center, Xerox. Ia berkecimpung dalam Alto, yang menjadi template untuk perangkat Apple Lisa dan desktop Mac.

Ia juga mendirikan perusahaan tablet pertama, Agilis, dan mendukung teknologi augmented reality dan navigasi melalui perusaaan lainnya, GeoVector.

(ahl)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini