Instagram Ternyata Bisa Menguak Depresi Anda

Kamis 01 September 2016 21:07 WIB
https: img.okezone.com content 2016 09 01 207 1479064 instagram-ternyata-bisa-menguak-depresi-anda-i3vUcN07Gy.jpg Instagram Ternyata Bisa Menguak Depresi Anda

JAKARTA - Riset terbaru menunjukkan gambar yang diunggah di media sosial ternyata bisa mengungkap apakah seseorang menderita depresi.

Mengunggah foto yang berwarna biru, abu-abu, atau gelap dan menggunakan "Inkwell" filter (yang mengubah foto menjadi hitam putih) adalah petunjuknya, menurut penelitian Harvard.

Peneliti percaya bahwa aplikasi berbagi foto bisa menjadi bentuk baru untuk deteksi awal penyakit mental, tetapi bukankah budaya terlalu-banyak-berbagi (over-sharing) dan membual di media sosial juga dianggap menjadi faktor yang menyebabkan kita merasa depresi?

Penelitian sebelumnya dari dua universitas di Jerman menunjukan 'mengikuti Facebook secara pasif' memicu perasaan iri dan kebencian pada banyak pengguna-terutama jika melihat foto-foto liburan.

Tetapi menurut penulis dan wartawan Jessica Winter, "Facebook sebetulnya bukanlah perusak terbesar di 'pesta koktail' media sosial... Gelar juara itu didapat Instagram," katanya, tempat tren selfie cantik dan berfilter serta potret gaya hidup sempurna mencapai level lanjutan.

Komedian Juliette Burton, yang mengalami body dysmorphia (ketidakpuasan yang ekstrim terhadap penampilan), depresi, dan kecemasan, setuju bahwa media sosial bisa berdampak buruk.

"Mereka mengatakan gambar bernilai seribu kata, tetapi itu bukanlah cerita yang utuh," katanya. "Anda tidak tahu hal lain yang terjadi di belakang gambar kolase itu. Berada di media sosial adalah mengekspresikan kepribadian kita dengan cara baru, menyampaikan siapa diri kita, tetapi kita masih belajar apa itu artinya."

"Berdasarkan pengalaman saya, media sosial adalah penghalang ketika itu terasa sangat palsu dan kompetitif. Sangat jarang melihat orang mengunggah hal buruk."

(kem)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini