Blackberry dan Samsung Buat Tablet Anti-Penyadapan

Moch Prima Fauzi, Jurnalis · Sabtu 03 September 2016 14:08 WIB
https: img.okezone.com content 2016 09 03 57 1480376 blackberry-dan-samsung-buat-tablet-anti-penyadapan-nGBUXuaQyY.jpg Blackberry dan Samsung Buat Tablet Anti-Penyadapan. (Foto: Daily Tech)

BERLIN – Blackberry dan Samsung bekerja sama membuat perangkat tablet anti-penyadapan atau aksi mata-mata untuk Pemerintah Jerman. Tablet itu dibuat untuk menjaga informasi rahasia yang dimiliki pemerintah yang berpusat di Kota Berlin tersebut.

Sebagaimana dilansir Phone Arena, Sabtu (3/9/2016), melalui kerjasama ini Tablet Galaxy Tab S2 buatan Samsung disematkan sistem keamanan KNOX milik Blackberry untuk mencegah terjadinya kebocoran informasi dan data. Tablet hasil kolaborasi tersebut kemudian dinamai SecuTablet.

SecuTablet yang merupakan hasil modifikasi tersebut memuat kartu keamanan, enkripsi, dan sertifikasi perangkat lunak milik Departemen Keamanan Blackberry. Dengan begitu, data dan informasi yang ditransfer atau disimpan dalam tablet akan terkunci.

Hal ini bukanlah yang pertama kalinya bagi kedua perusahaan dalam mengembangkan tablet dengan keamanan tertinggi. Tahun lalu, bersamaan dengan IBM, duet Blackberry dan Samsung juga memperkenalkan Galaxy Tab S 10,5 dengan kemampuan tahan peluru.

Tablet hasil kerjasama tersebut kemudian dijual seharga USD2.380 atau Rp31,5 jutaan. Sedangkan untuk SecuTablet, saat ini masih belum diketahui berapa harga yang akan disepakati oleh Blackberry dan Samsung.

(kem)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini