nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Ini yang Harus Dipahami oleh Fotografer Pemula

Moch Prima Fauzi, Jurnalis · Jum'at 16 September 2016 11:13 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2016 09 16 207 1490756 ini-yang-harus-dipahami-oleh-fotografer-pemula-kw2fXfaaKK.jpg Rule of Third. (Foto: Photography Mad)

JAKARTA - Untuk menjadi seorang fotografer, selain ditunjang oleh peralatan yang memadai, terdapat teori yang juga harus dipahami terlebih dahulu. Fungsinya, untuk menuntun dan melatih seseorang mengetahui hal apa saja yang menjadi bagian dari bidang yang sedang digeluti.

Salah satu hal yang dapat dipelajari ialah adanya aturan garis pertiga atau disebut rule of third. Fitur tersebut biasanya telah terdapat dalam sebuah pegaturan kamera. Fungsinya, untuk menuntun fotografer dalam menempatkan letak objek.

Sebagaimana dilansir Photography Mad, Jumat (16/9/2016), rule of third merupakan dua garis yang membentang secara horizontal dan juga vertikal. Adapun letak dari objek sendiri menurut aturan ini, sebaiknya ditempatkan di bagian pinggir garis. Hal itu untuk menghindari kesan flat atau kaku.

Meski begitu, sebagai bagian dari seni, aturan ini sebenarnya sangat dinamis. Tergantung dari fotografer untuk bisa mendapatkan kesan berbeda ataupun unik.

(kem)

Berita Terkait

Fotografi

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini