Internet Jadi 'Halaman Bermain' untuk Pedofil

Selasa 20 September 2016 21:43 WIB
https: img.okezone.com content 2016 09 20 207 1494351 internet-jadi-halaman-bermain-untuk-pedofil-WdB2WIdDpg.jpg Ilustrasi internet (Foto: Getty Image)

LONDON - Badan amal untuk perlindungan anak di Inggris, NSPCC, memperingatkan bahwa internet bisa menjadi 'halaman bermain' bagi para pedofil. Peringatan ini muncul berbarengan dengan meningkatnya anak-anak yang khawatir dengan pelecehan seksual di internet yang menghubungi NSPCC.

Konseling untuk anak-anak yang khawatir dengan kekerasan seksual di internet itu meningkat sampai 24% menjadi 3.716 sesi dalam masa satu tahun, 2015-2016. Sebagian besar yang mengubungi saluran telepon NSPCC untuk konsultasi berusia 12-15 tahun dan lebih dari setengahnya adalah perempuan.

Satu dari delapan anak yang membutuhkan konseling pada tahun ini hingga Maret 2016 terkait rayuan seseorang di internet dengan tujuan eksploitasi seksual.

"Banyak dari kita berbicara dengan orang lain lewat internet, yang menjadi cara untuk menjalin perkawanan dan mendapat teman baru," kata Ketua Eksekutif NSPCC, Peter Wanless.

"Namun itu bisa menjadi halaman bermain para pedofil, membuat kaum muda terpapar dengan para perayu yang menggunakan jejaring sosial dan permainan internet untuk mengeksploitasi setiap kelemahan yang mereka temukan."

Wanless berharap dengan mengangkat masalah ini maka akan lebih banyak anak-anak yang terdorong untuk mengungkapkan kekhawatiran atas sebuah situasi atau hubungan di internet.

(kem)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini