Kesan Pertama Jajal Google Allo, Pesaing WhatsApp

Aditya Gema Pratomo, Jurnalis · Minggu 25 September 2016 18:44 WIB
https: img.okezone.com content 2016 09 25 207 1498289 kesan-pertama-jajal-google-allo-pesaing-whatsapp-UeDMWHvv43.jpg (foto: Okezone)

JAKARTA - Google baru saja meluncurkan aplikasi messaging yang dinamakan Google Allo. Aplikasi ini disebut memilik fitur yang tak kalah menarik dengan WhatsApp.

Kini, Google Allo resmi hadir di Indonesia melalui toko aplikasi Play Store. Tak ingin menunggu lama, Okezone langsung memasang aplikasi ini dan menjajal satu per satu fiturnya.

Setelah selesai memasang Google Allo, aplikasi ini akan langsung meminta nomor telefon Anda untuk proses autentikasi. Setelah itu, pengguna diharuskan untuk mengunggah foto untuk profile picture dan nama profile yang akan ditampilkan.

Di halaman muka, Google Allo hanya menawarkan tampilan antar-muka yang cukup datar. Anda hanya akan menemukan daftar percakapan dan ikon pencarian.

 

Di bagian kiri atas halaman muka terdapat menu untuk mengatur setting dan profile. Sedangkan di bagian kanan bawah, terdapat menu untuk memulai percakapan. Di menu tersebut Anda bisa memilih untuk memulai percakapan dengan seseorang atau membuat grup.

Begitu sampai di bagian percakapan, Anda akan langsung menemukan fitur-fitur menarik yang tidak dimiliki oleh WhatsApp. Misalnya saja Anda dapat menambahkan tulisan pada gambar yang Anda unggah. Fitur ini sekilas mirip dengan Snapchat.

 

Tak hanya itu, Allo juga menawarkan puluhan stiker yang dapat diunduh secara gratis. Terdapat pula stiker bergerak yang dapat menambah keseruan dalam percakapan.

Keunggulan lain yang dimiliki Google Allo adalah kehadiran Google Assistant. Anda dapat menanyakan apapun kepada Google Assistant, seperti ramalan cuaca atau penunjuk arah.

 

Uniknya, Google Assistant dapat menjawab pertanyaan Anda dengan lebih personal. Hal ini membuat Anda serasa bertanya dengan manusia asli ketimbang dengan chatbot.

(kem)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini