Disebut Mata-Mata, Google Allo Tetap Diunduh Sejuta Perangkat Android

Kustin Ayuwuragil Desmuflihah, Jurnalis · Senin 26 September 2016 16:23 WIB
https: img.okezone.com content 2016 09 26 207 1498884

CALIFORNIA – Google baru saja merilis aplikasi chat baru bernama Allo pada pekan lalu. Meski mendapat respons beragam mengenai kebijakan privasinya, aplikasi tersebut kini sudah diunduh lebih dari sejuta perangkat Android di Play Store.

Sebagaimana dilaporkan Phone Arena, Senin (26/9/2016), Allo telah menjadi aplikasi gratis pertama di kategori aplikasi gratis mengalahkan Facebook Messenger. Allo mungkin akan meniru jejak Google Duo, aplikasi yang fokus pada video yang mencapai 5 juta unduhan pada hari ke-10 setelah meluncur di Android.

Patut dicatat bahwa angka itu baru untuk Android saja sehingga unduhan di iOS belum dihitung. Google memang mencoba untuk mengalahkan aplikasi perpesanan lainnya yang sudah merajai smartphone pengguna seperti iMessage, WhatsApp, dan Facebook Messenger.

Kendati demikian, mantan agen CIA Edward Snowden pekan lalu menyebut bahwa Allo merupakan mata-mata Google. Namun, perusahaan yang berbasis di Mountain View tersebut menyatakan server-nya tidak memiliki rekam percakapan pengguna.

Hal itu menjadi sulit dipercaya karena Allo memiliki fitur Assistant, asisten virtual, yang dapat membaca pesan. Artinya, Google juga membaca pesan tersebut.

Di sisi lain, Allo memiliki modus Incognito yang bisa digunakan untuk enkripsi tertutup. Demikian seperti dilaporkan Phone Arena, Senin (26/9/2016).

(kem)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini