Nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Hubble Temukan Semburan Air di Bulan Jupiter Europa

Dini Listiyani, Jurnalis · Selasa 27 September 2016 13:56 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2016 09 27 56 1499683 hubble-temukan-semburan-air-di-bulan-jupiter-europa-T4dUmsXWPg.jpg (Foto: NASA)

CALIFORNIA – Hubble telah melihat geiser air raksasa meletus setinggi 125 mil dari permukaan Europa. Peristiwa itu semakin menguatkan dugaan adanya kehidupan luas di laut bawah tanah dan menyelimuti permukaan bulan Jupiter tersebut.

Sebagaimana dilaporkan Daily Mail, Selasa (27/9/2016), berdasarkan laporan Badan Antariksa Amerika Serikat NASA bahwa gambar baru menunjukkan larutan global zat cair laut yang menelan bulan dan kini tersembunyi di bawah mil es.

Para astronom menggunakan NASA Hubble Space Telescope digambarkan gumpalan uap air meletus dari permukaan bulan Jupiter Europa. "Untuk waktu yang lama manusia telah bertanya-tanya apakah telah ada kehidupan di tempat lain," kata Paul Hertz, direktur Divisi Astrofisika Markas NASA di Washington.

"Kami beruntung hidup di era bisa mengatasi itu secara sains. Pada kehidupan Bumi ditemukan ada energi air dan nutrisi. Jadi kita memiliki minat khusus di tempat yang mungkin memiliki karakteristik mereka, dan Europa mungkin tempat semacam itu," tambahnya.

Lebih lanjut ia menjabarkan, hari ini hasil meningkatkan kepercayaan diri kita bahwa air dan bahan lainnya dari laut yang tersembunyi di Europa di bawah mil es mungkin di permukaan Europa bisa tersedia untuk belajar tanpa menggali di bawah mil es.

Jika temuan ini dikonfirmasi, Europa akan menjadi bulan kedua di sistem tata surya ini yang terdeksi memuliki geiser air. Pesawat luar angkasa Cassini sebelumnya mengintai jet ada yang meletus dari permukaan Bulan Saturnus Enceladus.

"Laut Europa dianggap salah satu tempat yang paling menjanjikan berpotensi memiliki kehidupan di tata surya," kata Geoff Yoder, administrator asosisi untuk Science Mission Directorate NASA di Washington.

"Geiser ini, jika mereka memang ada, dapat memberikan cara lain untuk sampel bawah permukaan Europa," tambahnya.

Geiser yang difoto NASA Hubble Space Telescope Imaging Spectrograph terlihat seperti siluet karena bulan lewat di depan Jupiter. Sensitivitas ultraviolet Hubble memungkinkan untuk naik lebih dari 100 mil di atas permukaan es Europa untuk dibedakan.

(din)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini