Algoritma Terbaru pada Google Translate Tingkatkan Akurasi

Aditya Gema Pratomo, Jurnalis · Rabu 28 September 2016 16:10 WIB
https: img.okezone.com content 2016 09 28 207 1500914 algoritma-terbaru-pada-google-translate-tingkatkan-akurasi-fa43zI09JW.jpg (foto: Uber Gizmo)

MOUNTAIN VIEW - Hari ini, Google menerapkan algoritma terbaru untuk meningkatkan kemampuan Google Translate. Sistem tersebut bernama 'Google Neural Machine Translation System' (NMT) diklaim dapat meningkatkan akurasi hasil terjemahan

Menurut Google, NMT adalah algoritma baru yang akan menggantikan sistem Phrase-Based Machine Translation (PBMT). Dengan sistem ini, proses penerjemahan dapat lebih efektif

Sistem NMT akan memindai seluruh kalimat dan akan menghubungkannya dengan konteks yang dimaksud. Alhasil, hasil terjemahan akan lebih masuk akal dan tidak berantakan.

"NMT akan menganggap seluruh kalimat sebagai satu kesatuan unit. Keuntungannya adalah sistem ini tidak membutuhkan banyak bantuan engineer," ujar pernyataan resmi Google.

Meskipun demikian, pembaruan ini masih jauh dari kata sempurna. Namun, tampaknya Google terus berusaha meningkatkan kemampuan Google Translate. Demikian seperti dikutip dari Ubergizmo, Rabu (28/9/2016).

(kem)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini