Google Duo Resmi Gantikan Hangouts di Smartphone Android

Kustin Ayuwuragil Desmuflihah, Jurnalis · Sabtu 08 Oktober 2016 14:01 WIB
https: img.okezone.com content 2016 10 08 207 1509525 google-duo-resmi-gantikan-hangouts-di-smartphone-android-JKR6LJCQcf.jpg (Foto: Phone Arena)

MOUNTAIN VIEW – Ketika Google mengumumkan Allo dan Duo di Google I/O tahun ini, ada kebingungan mengenai bagaimana platform baru akan “memakan” aplikasi Google yang lain yaitu Hangouts. Namun pada Agustus, Hangouts disebut tak akan dimatikan namun akan difokuskan ke enterprise daripada untuk konsumen.

Kendati demikian, berita terbaru melaporkan bahwa Google telah mengumumkan Hangouts tak akan lagi di pra-instal di smartphone Android mulai Desember 2016. Sebagai gantinya, Google akan memberikan Duo.

"Google Duo akan menggantikan Hangouts dalam suite inti aplikasi RUPS, dan Hangouts akan menjadi RUPS Opsional untuk produk telefon," demikian keterangan yang diberikan Google.

Ini artinya, para vendor ponsel tak perlu lagi menginstal Hangouts di produk mereka tetapi perlu menginstal Duo. Sementara itu, Duo berpasangan dengan Allo yakni aplikasi percakapan yang menggunakan kecerdasan buatan (AI).

Kendati demikian, hal ini bukan berarti pecinta Hangouts tak bisa lagi menggunakan aplikasi tersebut. Anda masih bisa mengunduh aplikasi itu di Play Store seperti aplikasi lainnya. Kebijakan ini dibuat oleh Google hanya untuk mendorong kesuksesan aplikasi-aplikasi barunya.

(kem)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini