Gerakan Nasional 1.000 Startup Digital Masuki Babak Hacksprint

Moch Prima Fauzi, Jurnalis · Senin 10 Oktober 2016 14:34 WIB
https: img.okezone.com content 2016 10 10 207 1510709 gerakan-nasional-1-000-startup-digital-masuki-babak-hacksprint-Xo7TAuxdiI.jpg Gerakan Nasional 1.000 Startup Digital Memasuki Babak Hacksprint (Foto: Moch Prima/Okezone)

JAKARTA - Gerakan Nasional 1000 Startup Digital yang diinisiasi oleh Kementerian Kominfo dan KIBAR kini telah memasuki babak hacksprint. Babak hascksprint ialah versi baru dari Hackathon yang dikemas lebih terstruktur dan terarah dengan menggunakan metode design sprint.

Pada tahap ini peserta ditantang untuk membuat prototipe desain produk startup yang ingin mereka ciptakan. Program yang telah berlangsung sejak Juli 2016 dan kini menyisakan 53 tim yang berasal dari beberapa kota di Indonesia.

Yansen Kamto Chief Executive KIBAR menuturkan, tahap Hacksprint merupakan langkah awal bagi setiap tim untuk mulai membangun karya.

“Diawali dengan membentuk tim dengan komposisi keahlian yang berbeda agar saling melengkapi skill yang dibutuhkan dan ditenagai dengan tujuan sama untuk membuat Indonesia menjadi lebih baik lagi,” ujarnya.

Gerakan Nasional 1.000 Startup Digital digulirkan untuk mendukung upaya pemerintah dalam menjadikan Indonesia sebagai kekuatan digital terkemuka di Asia Tenggara. Untuk mencapaianya, ia ditopang oleh kekuatan perekonomian nasional berbasis digital yang kuat.

Yansen juga menjelaskan program ini ditujukan bagi kaum muda yang akan menjadi tumpuan produktivitas bangsa dan menemukan peluang menjadi pelaku ekonomi digital kreatif yang tidak hanya di kancah lokal namun secara internasional

"Untuk mewujudkan harapan tersebut, gerakan ini mengundang berbagai elemen kebangsaan dari lembaga pemerintah, institusi pendidikan, hingga korporasi untuk terlibat dalam kontribusi sesuai kepakarannya masing-masing," ujar Yansen.

(kem)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini