Membuat Startup Bukan Hanya Faktor Modal

Moch Prima Fauzi, Jurnalis · Senin 10 Oktober 2016 16:32 WIB
https: img.okezone.com content 2016 10 10 207 1510877 membuat-startup-bukan-hanya-faktor-modal-lBFM1DKu0D.jpg Membuat Startup Bukan Hanya Faktor Modal (Foto: Moch Prima/okezone)

JAKARTA - Dalam acara diskusi startup yang diselenggarakan oleh KIBAR di Jakarta Selatan, Senin (10/10/2016), Yansen Kamto Chief Executive KIBAR menjelaskan bahwa untuk membuat sebuah startup bukan hanya berbicara masalah modal.

Menurutnya, dibutuhkan ide awal dan juga solusi dan juga pembinaan dibandingkan dengan memikirkan aspek permodalan dan juga investasi. Dengan begitu, anak muda yang sedang merintis startup bisa melatih tanggung jawabnya.

"Membangun startup tidak harus berujung pada masalah pendanaan. Jika dari awalnya dia menemukan masalah yang begitu besar dan dia memiliki solusi unik, akhirnya kan jelas validasi pasarnya," ungkap Yansen.

Dengan begitu, menurut Yansen, jika telah memiliki validasi yang jelas dan model bisnis jelas tentunya akan menghasilkan revenue stream yang jelas hingga bisa menghasilkan keuntungan sendiri.

"Startup itu bukan harus soal investment ujungnya. Tidak harus. Investment itu pantas dan belagus jika disalurkan bagi yang membutuhkan. Kecuali jika ingin ke kancah internasional, tapi itu bukan lagi startup tapi sudah bisnis besar," pungkas Yansen.

(kem)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini