Share

Adu Spesifikasi VR: PlayStation VR versus HTC Vive

Kustin Ayuwuragil Desmuflihah, Jurnalis · Rabu 19 Oktober 2016 19:13 WIB
https: img.okezone.com content 2016 10 19 57 1519224 adu-spesifikasi-vr-playstation-vr-versus-htc-vive-5zpilSsqvM.jpg PS VR (Foto: Kustin Ayu)

JAKARTA - Sony Interactive Entertainment baru saja memboyong PlayStation Virtual Reality (PS VR) ke Indonesia pada 13 Oktober.  Perangkat berjenis ini tentu tak sendirian di pasaran pasalnya, ia memiliki pesaing HTC Vive.

Lantas, apa sebenarnya perbedaan yang dibawa oleh masing-masing perangkat ini? Headset VR sebenarnya lebih dari sekedar sepasang lensa yang disembunyikan di belakang kotak. Mereka harus bisa membuat pengguna nyaman, namun juga sekaligus memiliki sistem canggih. Itulah mengapa headset VR saat ini masih terbilang mahal.

Sony membanderol PS VR seharga Rp 6.690.000 untuk PS VR dan sistem VR untuk PS 4 atau bundle PS VR dan PS Camera dengan harga Rp 7.390.000. Sementara itu, Vive yang lebih digunakan untuk PC jauh lebih mahal sekira USD799 atau Rp10,5 juta.

Kendati demikian, keduanya memang secara teori menembak sasaran yang berbeda. PS VR untuk kalangan menengah sedangkan Vive untuk kalangan atas.

Namun keduanya sama-sama punya motion yang baik. PS VR juga dibantu dengan PS Camera sehingga Anda menggerakkan tubuh di dunia virtual saat bermain. Sementara itu, Vive punya sensor lighthouse untuk tracking. Dia punya sensor foto, laser tak terlihat di headset dan controller untuk menentukan posisi pengguna.

PS VR memiliki kelebihan utama yang dibutuhkan gamer yaitu controller yang secara tidak langsung sudah ada di PS. Hal ini tidak ada di HTC Vive.

Follow Berita Okezone di Google News

(din)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini