Meletusnya Gunung saat Kiamat dan Penjelasannya di Alquran

Aditya Gema Pratomo, Jurnalis · Jum'at 28 Oktober 2016 04:07 WIB
https: img.okezone.com content 2016 10 27 56 1526346 meletusnya-gunung-saat-kiamat-dan-penjelasannya-di-alquran-mjgzrA2k9P.jpg Ilustrasi (foto:Shutterstock)

JAKARTA - Datangnya hari kiamat akan ditandai dengan terjadinya gempa mahadahsyat yang disertai tsunami serta meletusnya gunung-gunung. Kejadian tersebut sudah digambarkan dalam Surah Al-Muzzammil ayat 14.

"Pada hari bumi dan gunung-gunung berguncangan, dan menjadilah gunung-gunung itu tumpukan-tumpukan pasir yang beterbangan," bunyi ayat tersebut.

Seperti dikutip dari buku 'Sains berbasis Alquran' karangan Ridwan Abdullah Sani, pada hari kiamat yang sesungguhnya, keadaan akan lebih dahsyat, gunung berapi akan meletus secara serentak.

Saat gunung-gunung di bumi meletus, akan muncul muntahan lahar yang sangat panas. Lahar tersebut akan berpencar ke penjuru bumi dan mengenai seluruh makhluk hidup. Kondisi tersebut digambarkan dalam Surah Al-Qariah ayat 5.

"Dan gunung-gunung adalah seperti bulu yang dihambur-hamburkan," bunyi ayat tersebut.

Jika sebuah gunung meletus, abunya dapat beterbangan menutupi atmosfer bumi. Debu yang menutupi langit dapat membuat sinar matahari terhalang dan cuaca di bumi menjadi dingin seketika.

"Maka tunggulah hari ketika langit membawa kabut yang nyata, yang meliputi manusia. Inilah azab yang pedih," bunyi Surah Ad-Dukhan ayat 10-11.

Jika oksida belerang memenuhi udara, bahaya yang menimpa kehidupan di bumi adalah terjadinya hujan asam. Kondisi ini akan membuat hewan dan manusia sangat menderita.

(kem)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini