Gelang Ini Mampu Deteksi Emosi Penggunanya

Kustin Ayuwuragil Desmuflihah, Jurnalis · Selasa 01 November 2016 16:28 WIB
https: img.okezone.com content 2016 11 01 57 1530083 gelang-ini-mampu-deteksi-emosi-penggunanya-17j2iE8KDU.jpg (Foto: Kickstater)

CALIFORNIAWearable di dunia yang serba-terhubung ini adalah sesuatu hal yang mulai banyak digunakan. Manusia menggunakan fitness tracker untuk menjaga kesehatan dan menggunakan jam tangan pintar untuk memudahkan komunikasi.

Namun sebuah gelang baru yang saat ini ada di kampanye Kickstater disebut mampu mengidentifikasi emosi penggunanya. Gelang bernama Sence ini bisa merasakan 64 emosi pemakainya dengan mendeteksi elektrokardiografi (ECG).

Catatan ECG ditangkap dari aktivitas eletrik jantung pengguna. ECG sendiri sebenarnya bukanlah hal yang baru digunakan. Planextra penggagasnya mengatakan akurasi perangkat ini bisa digunakan untuk medis meski merupakan produk konsumen.

“Semua emosi meninggalkan jejak di perangkat konstan antara kontrol simpati dan parasimpati. Jejak inilah yang akan dibaca melalui analisis heart rate variability (HRV) dari data ECG. Karena Sense bisa tracking R-peaks secara akurat, perangkat ini bisa mengidentifikasi sinyal yang berhubungan dengan setiap emosi,” demikian deskripsinya.

Lalu apa gunanya mengetahui emosi diri sendiri? Hal ini cukup berguna untuk mengetahui diri Anda sendiri khususnya untuk mengetahui kapan sesuatu membuat Anda stres. Anda kemudian bisa mengganti rutinitas atau berolahraga untuk memperbaiki mood.

Wearable ini juga dilengkapi aplikasi dan fitur sosial sehingga Anda bisa mengetahui mood teman. Ketika dia merasa butuh dukungan, maka akan lebih mudah bagi Anda untuk mengetahuinya.

(kem)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini