Penyebab dan Solusi Laptop Sering Lemot

Dini Listiyani, Jurnalis · Rabu 09 November 2016, 07:04 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2016 11 08 92 1536384 penyebab-dan-solusi-laptop-sering-lemot-e4SpQEgOlK.jpg (Foto: Tech Insider)

CALIFORNIA – Pernah mengalami laptop tiba-tiba lemot atau lelet? Ada beberapa penyebab yang menjadikan laptop ini menjadi lemot yang mungkin Anda tidak ketahui selama ini.

Dengan mengetahui penyebab laptop menjadi lemot, nantinya akan memudahkan pengguna menghindari masalah, dan menemukan cara yang tepat untuk memperbaikinya.

Kurangnya RAM

Berdasarkan laporan Cnet, Rabu (8/11/2016), penambahan RAM lebih banyak membuat CPU laptop bisa mengakses data lebih cepat dari RAM itu sendiri dibanding hard drive atau SSD, sehingga makin banyak RAM yang dimiliki, semakin banyak data yang bisa disimpan agar akses lebih cepat. Menambahkan RAM terbilang mudah di Mac dan laptop Windows.

Terlalu Banyak Multitasking

Ini juga bisa menyebabkan laptop lemot. Menyiasati hal ini, pengguna bisa mempercepat laptop tanpa membuka dan menambah hardware baru. Jika laptop memiliki beberapa aplikasi berjalan dan puluhan tab browser yang terbuka, pertanyaan yang timbul, apakah kuat untuk melakukan pekerjaan itu?

Kinerja laptop Anda akan meningkat saat Anda mengurangi multitasking. Oleh karena itu, keluarkan aplikasi yang tidak digunakan dan tutup tab yang tidak diperlukan.

(din)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini