Kaspersky Tuding Microsoft Lakukan Praktik Monopoli

Aditya Gema Pratomo, Jurnalis · Senin 14 November 2016, 17:11 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2016 11 14 207 1541167 kaspersky-tuduh-microsoft-lakukan-praktik-monopoli-uVAoIYEFjU.jpg (foto: File Critic)

BRUSSELS - Alat keamanan komputer yang terintegrasi sistem operasi mungkin akan memudahkan pengguna. Namun bagaimana jika pengguna lebih memilih sistem antivirus pihak ketiga? Sayangnya, tidak semua perusahaan mengizinkan kehadiran sistem keamanan pihak ketiga.

Kondisi tersebut dialami oleh Kaspersky. Menurut Eugene Kaspersky, CEO dari perusahaan tersebut, Microsoft mencoba menghalangi kehadiran software antivirus pihak ketiga yang terpasang di Windows.

Lebih lanjut, Eugene mengatakan bahwa Microsoft akan mengarahkan pengguna ke antivirus Windows Defender. Padahal, pengguna sudah menggunakan program antivirus pihak ketiga.

Tak hanya itu, Eugene juga telah melaporkan tindakan Microsoft tersebut ke Uni Eropa dan Otoritas Rusia. Menurutnya, Microsoft telah melakukan tindakan monopoli yang dapat merusak persaingan sehat.

Menanggapi tuduhan Kaspersky, Microsoft mengatakan bahwa pihaknya akan senantiasa mematuhi peraturan yang berlaku di Rusia. "Microsoft Rusia dan Kaspersky Lab memiliki sejarah panjang kerja sama di berbagai bidang. Microsoft berkomitmen untuk bekerja secara penuh sesuai dengan hukum Rusia," bunyi pernyataan resmi Microsoft, seperti dikutip dari Engadget, Senin (14/11/2016).

(kem)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini