Google Mungkinkan Pengguna Digitalisasi Foto Cetak Jadul

Kustin Ayuwuragil Desmuflihah, Jurnalis · Rabu 16 November 2016 10:18 WIB
https: img.okezone.com content 2016 11 16 207 1542635 google-mungkinkan-pengguna-digitalisasi-foto-cetak-jadul-GkIKQan7xw.png Foto: The Verge

MOUNTAIN VIEW – Sebelum smartphone memiliki kamera atau jauh sebelum kamera digital umum digunakan, momen indah bersama keluarga atau teman diabadikan dengan kamera biasa yang mengharuskan Anda mencetak hasilnya. Kini setelah teknologi smartphone berkembang, tak jarang Anda ingin foto-foto jadul itu ada di genggaman Anda.

Google baru saja merilis aplikasi khusus untuk melakukan hal tersebut. Perusahaan raksasa teknologi itu merilis aplikasi bernama PhotoScan. Aplikasi ini dapat digunakan oleh ponsel Android maupun iOS.

Sebagaimana dilaporkan The Verge, Rabu (16/11/2016), aplikasi tersebut tidak sulit untuk digunakan. Yang perlu Anda lakukan adalah meluncurkannya kemudian memotret mengikuti empat titik yang tampil di layar ponsel.

Antarmuka dari aplikasi ini tidak macam-macam dan tidak membutuhkan Anda untuk login. Proses pemindainya tidak terlalu lama sehingga memudahkan Anda untuk memindai banyak foto sekaligus. Foto akan secara langsung terpotong, terotasi, dan juga anda bisa mengubah warnanya menjadi lebih baik.

Anda bisa menyimpan foto tersebut di Google Photo atau di camera roll untuk dibagikan ke aplikasi lain. Tujuan Google memberikan aplikasi ini adalah membantu Anda menjaga foto-foto berharga yang berisiko hilang atau rusak.

“Foto-foto ini berisiko," kata David Lieb, ketua tim Google Photos. "Mereka berisiko hilang ketika Anda pindah, mereka berisiko terkena kebakaran, banjir, dan pencurian. Dan dengan setiap hari berlalu mereka memudar sedikit demi sedikit. Mereka benar-benar memudar.”

Sekadar informasi, PhotoScan awalnya dimaksudkan untuk merestorasi film-film lama. Kini, aplikasi tersebut justru diperbaiki untuk tujuan foto lama dan dilengkapi filter.

(kem)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini