Share

Ini Awal Mula Mannequin Challenge

Agregasi Harian Jogja, Jurnalis · Rabu 16 November 2016 21:32 WIB
https: img.okezone.com content 2016 11 16 207 1543451 ini-awal-mula-mannequin-challenge-Uz3QetqzqN.jpg (Foto: YouTube)

SOLO — Media sosial (medsos) sedang dihebohkan dengan video viral yang unik. Disebut mannequin challenge, video viral ini menampilkan orang-orang yang berubah menjadi manekin saat direkam.

Artis, politisi, olahragawan, hingga warga sipil telah membuat ulang video dengan teknik serupa. Seperti apa sih cerita munculnya manequin challenge?

Mannequin challenge diketahui viral mulai akhir Oktober 2016. Dilansir Bustle, Selasa (8/11/2016), tantangan unik itu dipercaya dimulai oleh sekelompok murid SMA Ed White, Jacksonville, Florida, Amerika Serikat.

Pengguna akun Twitter @ pvrity___ menggunggah video dengan tagar #mannequinchallenge pada 27 Oktober 2016. Video inilah yang dipercaya sebagai video pertama mengenai mannequin challenge.

Dalam video tersebut nampak beberapa murid mematung saat kamera melewati mereka, hingga akhirnya salah satu murid bergerak dan memindahkan salah satu dari mereka yang masih mematung.

Hingga Rabu (16/11/2016) pukul 16.19 WIB, video tersebut mendapat lebih dari 4.700 rewteet dan disukai oleh lebih dari 4.600 khalayak Internet (netizen).

Sejauh ini belum ada keterangan pasti dari anak-anak SMA tersebut mengenai alasan mereka membuat video tersebut. Selain itu juga ada misteri lain yang belum terjawab.

Hampir semua video mannequin challenge diiringi lagu Black Beatles yang dinyanikan duo hip hop Rae Sremmurd. Duo hip hop yang September 2016 merilis album keduanya SremmLife2 itu juga tidak mengetahui alasan dipakainya lagu mereka menjadi lagu mannequin challenge.

Semenjak saat itu, medsos mulai dibanjiri video dengan tagar #mannequinchallenge. Mulai dari warga sipil, artis, politikus, tim redaksi sebuah media, hingga atlet membuat ulang video mannequin challenge versi mereka.

(ahl)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini