Arkeolog Temukan Kastel Tertua Suku Maya

Agregasi Harian Jogja, Jurnalis · Jum'at 18 November 2016 14:18 WIB
https: img.okezone.com content 2016 11 18 56 1545016 arkeolog-temukan-kastel-tertua-suku-maya-QqAco24fn1.jpg (Foto: Georgianewsday)

MEXICO CITY - Arkeolog mengungkap temuan terbaru berkaitan dengan penelitian suku Maya di Meksiko. Baru-baru ini ditemukan reruntuhan kastel Maya Chichen Itza yang dipercaya sebagai peninggalan suku Maya.

Para arkeolog yang menggunakan teknik pencitraan listrik menemukan bahwa piramida yang juga dijuluki El Castillo (kastel) ini dibangun di atas sebuah sungai bawah tanah atau cenote. Dikutip dari Torontosun, Jumat (18/11/2016), para peneliti mengatakan Rabu (16/11/2016) bahwa mereka telah mendeteksi struktur yang lebih kecil dalam dua struktur lainnya.

“Jika kita bisa meneliti struktur ini di masa depan, ini akan menjadi penemuan penting, karena bisa memberi tahu kita tentang periode pertama kehidupan masyarakat asli,” kata Arkeolog Denisse Lorenia Argote.

Dalam penelitian itu, arkeolog menggunakan ERT-3D yang diterjemahkan sebagai alat topografi resistivitas listrik. Dari pencarian itu, lantas arkeolog menemukan struktur piramida sedang setinggi 10 meter dengan dalam 20 meter yang ditutupi oleh pembangunan terakhir pada sekira 900 Masehi.

Argote, dari Meksiko National Institute of Anthropology and History mengatakan struktur pertama tersebut kemungkinan dibangun antara 500 dan 800 Masehi.

(ahl)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini