Charger Pihak Ketiga Diduga Biang Keladi Masalah iPhone 6 di China

Kustin Ayuwuragil Desmuflihah, Jurnalis · Sabtu 19 November 2016 13:12 WIB
https: img.okezone.com content 2016 11 19 57 1545826 charger-pihak-ketiga-diduga-biang-keladi-masalah-iphone-6-di-china-iNiLswrvqv.jpg Foto: Ubergizmo

CUPERTINO – Belum lama ini, iPhone 6 dan 6s dilaporkan mengalami masalah di China. Ponsel Apple tersebut tiba-tiba mati sendiri tanpa alasan.

Kasus dari ponsel tersebut belum jelas namun AppleInsider melaporkan bahwa masalah tersebut kemungkinan karena charger pihak ketiga. "Menurut penyelidikan awal yang disampaikan ke AppleInsider, kualitas buruk prihal pengisian generik, terutama AC ke DC converter, merusak charger telepon yang mengatur sirkuit dari waktu ke waktu. Sebagai akibat dari kerusakan tersebut, baterai juga tidak melaporkan status pengisian baterai kepada iOS dengan benar,” demikian isi laporan tersebut.

Tampaknya 100% dari ponsel yang telah diperiksa memiliki masalah yang sama. Tidak jelas apakah para pengguna secara sadar menggunakan charger ponsel pihak ketiga atau apakah karena pengisi ini sedang dijual dan diberi label seperti pengisi resmi Apple yang menyebabkan para pengguna melakukan kesalahan.

Apple telah memperingatkan pelanggan di masa lalu tentang himbauan untuk tidak menggunakan hardware pihak ketiga yang tidak sah. Bahkan baru-baru ini, Apple mengklaim 90% dari aksesori yang dijual di Amazon untuk produk Apple ternyata palsu.

Tentu saja mengingat bahwa aksesori Apple sangat mahal untuk sebuah produk yang sederhana, Apple pun tidak bisa menyalahkan pelanggan yang mencari aksesori alternatif.

(kem)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini