Facebook Akan Bisa Sensor Konten Apa pun Sesuai Keinginan

Kustin Ayuwuragil Desmuflihah, Jurnalis · Senin 28 November 2016 16:08 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2016 11 28 207 1553305 facebook-akan-bisa-sensor-konten-apa-pun-sesuai-keinginan-ot1vNGro89.jpg Foto: IB Times

MENLO PARK - Baru-baru ini CEO Facebook, Mark Zuckerberg, menghadapi kemarahan publik setelah jaringan sosialnya menghapus pos yang berisi foto "Napalm Girl". Namun, Facebook memiliki proposal untuk mendukung hak digital memperingatkan "penyensoran privat".

Jika proposal mulai berlaku, perusahaan akan memiliki kekebalan hukum atas konten yang dihapus dari platform mereka. Proposal itu berada di bawah Trade in Services Agreement (Tisa) yang berisi beberapa usulan terkait internet.

Sebuah platform layanan online seperti Facebook akan diberikan kekuatan untuk menyensor konten tanpa perlu menerima tanggung jawab hukum atau akuntabilitas publik. Proposal tersebut juga akan melindungi perusahaan dari keharusan untuk menyatakan kode sumber mereka untuk regulator pemerintah.

“Proposal tentang sensor diprivatisasi ini sangat mengkhawatirkan," kata Joe McNamee, Direktur Eksekutif kelompok hak digital Eropa (EDRi)."Menciptakan kekuatan untuk melemahkan kebebasan berbicara kami tanpa akuntabilitas adalah sembrono dan bertentangan dengan semua ketentuan hukum internasional yang relevan."

Jika proposal ini benar-benar diimplementasikan, para aktivis hanya bisa melakukan sedikit hal jika terjadi suatu situasi karena masyarakat dilarang melakukan negosiasi dari TiSA karena setiap perubahan yang dilakukan hanya disiarkan melalui pernyataan resmi dari pihak yang bernegosiasi.

(kem)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini