Nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Mengenal Lebih Dekat ASUS ZenFone 3 ZE552KL

Advetorial, Jurnalis · Selasa 29 November 2016 17:30 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2016 11 29 57 1554380 mengenal-lebih-dekat-asus-zenfone-3-ze552kl-WWl4UeSPEL.jpg Asus Zenfone 3 (Foto: Asus)

TAHUN ini beberapa produsen smartphone menelurkan smartphone terbarunya, tak terkecuali Asus dengan Zenfone 3 series yang baru mendarat di Indonesia belum lama ini.

Di antara varian Asus Zenfone 3, ZenFone 3 ZE552KL yang disebut sebagai ujung tombak Asus. Apa saja yang disediakan smartphone ini? Berikut ini sedikit ulasannya:

Kesempurnaan dalam Balutan yang Indah

Desain ZenFone yang selama ini begitu-begitu saja kali ini tampil berbeda. Ini dikarenakan ZenFone 3 mengalami perubahan desain yang sangat banyak. Form factor-nya kotak kaku dibalut dengan metal frame. Kesan mewahnya sangat terlihat dari perpaduan bahan-bahan yang ada dan berpadu dengan kokoh sempurna.

Di bagian depan ZenFone 3 terlihat full kaca, yang dilapisi Corning Gorilla Glass 3. Selain itu, ada juga ciri khas ASUS yaitu Zen Circle juga turut hadir di sana.

Sementara itu, di bagian belakang akan ditemui lapisan kaca yang sama dengan bagian depan. Ini adalah kaca lapisan Gorilla Glass 3 2.5D Curve desain yang ada di bagian depan layar. Perbedaan ini mampu membawa smartphone ASUS kali ini menjadi game changer juga. Di bagian belakang desainnya juga berbeda dari lini sebelumnya.

Kemudian, di bagian atas ada fingerprint. Bentuknya tidak seperti fingerprint pada umumnya yaitu berbentuk lonjong. Diikuti ada kamera utama yang didampingi oleh laser autofocus dan LED. Desainnya benar-benar menyatu banget dah. Penulis sendiri sangat menyukai peletakannya.

Berbicara mengenai frame, ASUS kini menggunakan metal frame yang terbuat dari bahan aluminium alloy. Ini adalah bahan yang cukup kuat karena bahan tersebut sama dengan yang dipakai untuk pembuatan badan pesawat tempur. Di sisi lain, tombol power sendiri terletak pada bagian kanan smartphone dan volume juga terdapat di bagaian sana.

Layar Super Luas untuk Multimedia

Asus ZenFone 3 ZE552KL ini memiliki bentang layar sebesar 5.5 inch, di mana layar ini sudah mendukung resolusi FullHD atau 1.080p dengan kerapatan piksel sekira 424 ppi.

Dengan bentangan layar Full HD, Zenfone 3 ZE552KL juga asik diajak gaming. Ini disebabkan kecerahan layar yang 500nits di atas tadi sehingga game-game grafik bagus akan terlihat sangat detail dan efek yang dihasilkan mendekati sempurna. Ditambah lagi warna yang dihasilkan oleh layar itu pas.

Kombinasi di Kamera “Build for Photography”

Bagian kamera kali ini adalah salah satu fokus yang digarap oleh ASUS. Ini dikarenakan ASUS mengkategorikan Zenfone 3 sebagai flagship untuk smartphone kamera. Dibekali 16 MP untuk kamera utama dan 8 MP untuk kamera depan. Sensornya sendiri menggunakan Sony Exmor RS™ IMX298.

Kehebatan kamera di ASUS ZenFone 3 yakni menggunakan aperture 2.0 sehingga cahaya yang dihasilkan oleh kamera cukup terang. Selain itu, perpaduan dengan software ASUS PixelMaster 3.0 yang memiliki segudang fitur juga mampu memanjakan para penggemar fotografi. Adapun mode yang ada di dalam ASUS PixelMaster 3 ini:

Auto, Manual, HDR Pro, Beautification, Super Resolution, Children, Low Light, QR Code, Night, Depth of Field, Effect, Selfie, GIF Animation, Panorama, Miniature, Time Rewind, Smart Remove, All Smiles, Slow Motion, Time Lapse.

Untuk mengoptimalkan pengambilan gambar, Asus ZenFone 3 menggunakan sistem TriTech auto-focus yang mengombinasikan software eksklusif dengan tiga teknik fokus independen. Ketiganya adalah pendeteksi kontras untuk continuous focus, laser auto-focus generasi kedua dengan jarak fokus hingga 1,5 meter, dan juga phase-detection.

Jika dikombinasikan, ketiga teknologi fokus ini akan menghadirkan auto-fokus sangat cepat, mencapai 0,03 detik dalam kondisi apapun. Sistem mutakhir TriTech auto-focus juga memungkinkan pengguna mendapatkan auto-focus continuous pada objek yang bergerak.

Spesifikasi ultimate untuk multitasking

Sebagai pengguna android, RAM adalah sebuah prioritas. Ini disebabkan karena RAM sangat bermanfaat untuk multitasking di perangkat Android.

Selain RAM ada juga prosesor yang membantu dalam memproses segala hal. Di sini, Asus memboyong prosesor Qualcomm Snapdragon 625 yang memiliki kecepatan hingga 2 Ghz. Prosesor 625 cukup banget untuk diajak bermain game dan VR. Apalagi dengan clock 2Ghz sudah pasti akan menghasilkan performa maksimal yang tidak diragukan lagi.

Selain itu, Anda bisa memaksimalkan RAM 4 GB karena prosesor 32 bit hanya bisa memanfaatkan RAM sebesar 3GB. Urusan grafis sudah diperkuat dengan chipset Adreno 506 dengan kecepatan 650Mhz.

Untuk di segmen jaringan, Asus ZenFone 3 membawa dukungan yang lengkap untuk teknologi yang sudah digunakan di Indonesia. Asus ZenFone 3 sendiri mendukung 4G LTE di kedua slot sim dimana hanya salah satu yang bisa menggunakan 4G sisanya menjadi 2G/3G.

Memori internal tersedia dua varian yaitu 32 GB dan 64 GB. Kalau Anda masih merasa kurang dengan memori yang ada, ZenFone 3 mendukung external memori yang menggunakan slot SIM 2. Untuk penyimpanan dokumen penting, bisa mengandalkan ASUS Web Storage yang sudah tersedia di dalam ASUS ZenFone 3.

Anda akan mendapatkan free 5GB storage ketika sudah melakukan registrasi dan semua file-file penting aman dari risiko hape kita rusak atau hilang. Untuk sistem navigasi sendiri cukup lengkap di ASUS ZenFone 3. Ada GPS, AGPS, dan GLONASS.

Sistem operasi, ASUS SenFone 3 sudah menggunakan Android Marshmallow versi 6.0.1. Dengan hadirnya sistem operasi terbaru ini, maka kita bisa menikmati berbagai fitur menarik seperti fitur penghemat baterai yang dikenal dengan istilah doze. Dalam posisi tersebut, untuk sekira pemakaian 6 jam baru habis daya 4% dari kapasitas baterai.

Selain itu, ada fitur project buttler yang membantu smartphone untuk melakukan optimasi terhadap aplikasi yang terinstall di dalam Android. Android 6 ini sudah secara native mendukung voLTE dan voWifi. Keunggulan lainnya yakni user interface (UI) yang berbeda dari smartphone lainnya. UI yang digunakan sebagai ZenUI ini sudah terupdate versi terbaru yakni versi 3.0.

(din)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini