Share

Website Ini Bantu Pemula Pahami Kamera DSLR

Lely Maulida, Jurnalis · Rabu 07 Desember 2016 14:40 WIB
https: img.okezone.com content 2016 12 07 207 1560979 website-ini-bantu-pemula-pahami-kamera-dslr-blJvH4rzfj.jpg (Foto: Wired)

LONDON - Segudang tombol dan pengaturan yang melengkapi kamera DSLR seringkali tak mudah dipahami oleh pemula. Dua per tiga pemula jarang menggunakan tombol tersebut dan lebih sering menggunakan mode otomatis.

Dilansir Wired, Rabu (7/12/2016), desainer dan animator London, Simon Roberts menciptakan visualisasi interaktif melalui website "Photography Mapped" untuk membantu pengguna pemula menguasai kameranya.

Website ini menampilkan grafik statis yang menjelaskan mekanisme fotografi. Set interaktif grafis ini dibedakan dengan warna merah dan biru.

Penggunaan Photography Mapped cukup sederhana. Menu interact menjelaskan bagaimana cahaya berinteraksi dengan sensor kamera, dan apa yang bisa dilakukan pengguna untuk mengontrol pengaturan tersebut.

Tombol-tombol ini terhubung dengan setting manual seperti pencahayaan, aperture, shutter speed, dan ISO. Pengaturan ini juga akan menyesuaikan kamera, dan animasi foto dari sebuah helikopter. Pengaturan yang dioperasikan pengguna akan merubah tampilan foto helikopter secara real time.

Tutorial online ini dapat membantu pemula dibandingkan dengan hanya menonton video. Menurut Roberts, menonton video merupakan ajang latihan yang pasif. Sedangkan tutorial ini menyimulasikan pengalaman mengatur dan menjepret gambar.

(ahl)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini