Nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Kalahkan Google, Indonesia Harus Melek Big Data

Kustin Ayuwuragil Desmuflihah, Jurnalis · Rabu 07 Desember 2016 15:11 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2016 12 07 207 1561017 kalahkan-google-indonesia-harus-melek-big-data-LKN6qK8wIJ.jpg Kalahkan Google, Indonesia Harus Melek Big Data (Foto: Reuters)

JAKARTA - Sigit Prasetyo selaku Chairman Komunitas BigData Indonesia hari ini membuka konferensi Big Data Indonesia 2016 yang dilaksanakan di Auditorium Balai Pengkajian dan Penerapan Teknologi, Jakarta.

Dalam sambutannya, dia mengatakan bahwa konferensi Komunitas BigData Indonesia adalah ajang untuk menunjukkan kemampuan Indonesia sebagai pengelola big data yang dalam waktu yang sama juga sebagai pasar dan pembuat big data.

"Acara ini pada dasarnya kami selenggarakan untuk menunjukkan pada masyarakat bahwa bangsa Indonesia itu mampu dan bisa. Kita punya komunitas, pasar dan startup yang kreatif. Jangan sampai kita hanya menjadi pasar Google, Facebook, dan kawan kawan di masa depan. Kita juga harus mampu memanfaatkan data yang kita punya dan kita buat," kata dia.

Sigit juga menjelaskan bahwa Indonesia dengan cepat menjadi masyarakat digital dunia dan menjadi penghasil dan pengguna data. Besarnya data yang dimiliki Indonesia adalah hasil dari jumlah penduduk yang masif.

Berbagai layanan di Indonesia saat ini telah terhubung ke internet dan menghasilkan data. Oleh karena itu, dia berharap masyarakat melek big data agar hal itu menjadi nilai plus bangsa.

Sekadar informasi, konferensi dengan tema 'Leveraging National Capacities and Capabilities' ini mengupas tentang data science, open data oleh praktisi biusnis, universitas dan vendor.

(kem)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini