Share

Selama 2016, Kamera Smartphone Ungguli DSLR di Flickr

Moch Prima Fauzi, Jurnalis · Rabu 07 Desember 2016 18:59 WIB
https: img.okezone.com content 2016 12 07 207 1561309 selama-2016-kamera-smartphone-ungguli-dslr-di-flickr-QzPk4fA4nz.jpg DSLR. (Foto: How to Geek)

WASHINGTON - Tak bisa dimungkiri keberadaan perangkat smartphone saat ini mampu menggantikan peran beberapa perangkat lainnya seperti pemutar musik, komputer, dan kamera. Bisa dikatakan, benda yang lazimnya berukuran sekira 5 inci ini merupakan paket komplit untuk segala keperluan.

Salah satu fungsi yang saat ini mulai gencar digunakan adalah keberadaan kamera di perangkat smartphone. Fitur tersebut saat ini telah mulai mengurangi jumlah penjualan kamera-kamera saku dari berbagai merek. Selain itu, kamera di jajaran profesional seperti DSLR pun tampaknya akan mulai tergerus.

Dikutip dari Phone Arena, Senin (7/12/2016), data yang diapaparkan oleh situs penyedia layanan unggah foto, Flickr, menunjukkan masifnya penggunaan kamera smartphone dibandingkan DSLR dan mirrorless.

Flickr membeberkan data perangkat yang paling banyak digunakan selama 2016 oleh fotografer yang mengunggah di situsnya. Sebanyak 48% pengunggah ternyata berasal dari kamera smartphone. Jumlah tersebut lebih banyak dibandingkan dengan pengguna DSLR yang hanya 25%.

Selain DSLR, kamera mirrorless juga tampaknya masih belum bisa bersaing dengan kamera smartphone. Penggunaan kamera tanpa cermin ini hanya menyentuh angka 3% saja. Sedangkan sisanya, masih diraih oleh kamera berjenis point-and-shoot yang merupakan dari model kamera saku, prosumer, dan rangefinder.

(kem)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini