Nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Review: Gear 360, Pesaing Ricoh Theta Milik Samsung

Moch Prima Fauzi, Jurnalis · Kamis 15 Desember 2016 18:07 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2016 12 15 92 1567658 review-gear-360-pesaing-ricoh-theta-milik-samsung-F2NnH4wAso.jpg Kamera Samsung Gear 360. (Foto: Moch. Prima Fauzi/Okezone)

JAKARTA - Bentuk visual rekam citra kini tak lagi monoton menampilkan bidang gambar yang kaku. Berkat kehadiran teknologi kamera 360, memotret ataupun merekam video kini dapat memiliki cakupan bidang yang lebih luas.

Sesuai dengan namanya, perekaman pada kamera 360 sanggup mengambil gambar di sekeliling dengan cakupan sekira 360 derajat. Hal ini tentu dapat memberikan jangkauan pandang yang lebih lebar dibandingkan pada format perekaman biasa.

Salah satu kamera yang menyajikan pengalaman visual tersebut ialah Gear 360. Kamera buatan Samsung ini memiliki desain yang membulat dengan tonjolan kamera di dua sisinya. Sekilas, tampilannya mirip dengan sebuah bola mata.

Fungsi dua kamera tersebut akan merekam objek di sekeliling Gear 360 kemudian membuat tampilan gambar atau video dengan cakupan 360 derajat.

Di bagian atas kamera, terdapat sebuah tombol untuk memulai perekaman dan sebuah layar berukuran mini. Melalui layar tersebut pengguna dapat mengetahui informasi menu apa saja yang tertera di kamera.

Sementara di bagian sampingnya, terdapat dua tombol yang saling berderet dari atas ke bawah. Satu tombol di atas berfungsi untuk mengaktifkan bluetooth, sementara tombol di bawahnya merupakan tombol aktivasi yang juga berfungsi sebagai tombol 'back'.

Di seberangnya, Anda akan menemukan sebuah laci yang jika dibuka, akan terdapat unit baterai, port isi ulang daya, dan slot kartu memori SD card.

Untuk menggunakan kamera ini, Anda terlebih dahulu wajib mengunduh aplikasi Gear 360 Manager di Play Store. Setelah itu Anda dapat menghubungkannya melalui sambungan bluetooth maupun NFC yang telah tersedia di Gear 360.

Hanya saja, tipe smartphone yang saat ini bisa digunakan oleh kamera ini ialah dari seri flagship milik Samsung seperti Galaxy Note 5, Galaxy S6, S6 Edge, S6 Edge Plus, S7, dan S7 Edge. Di perangkat lain, Anda tak akan menemukan aplikasi penghubung untuk kamera ini di Play Store.

Setelah terhubung, rekaman kamera akan tampil di perangkat smartphone. Berdasarkan situs resminya, Gear 360 mampu merekam video dengan resolusi 3840x1920 piksel. Sementara gambar dari foto setara dengan kamera berukuran 25,9 megapiksel.

Hasil dari kamera tersebut terbilang cukup tajam dan jernih. Selain itu gambar yang dihasilkan pun mendapatkan pencahayaan yang baik. Dari segi saturasi warna, Gear 360 mampu menampilkan tone yang selaras dengan kenyataan.

Dengan begitu, hasilnya dapat diandalkan untuk keperluan vlogging, ataupun digunakan untuk dokumentasi seperti kamera aksi.

Untuk pengambilan gambar, terdapat dua mode yang dapat dipilih seperti timelapse dan video loop. Pada mode timelapse Anda dapat membuat foto dengan rentang durasi tertentu dengan interval yang disesuaikan.

Gambar yang dihasilkan akan memiliki efek pergerakan cepat. Sementara video loop memiliki kemampuan merekam dengan pembatasan durasi, kemudian mulai merekam kembali hingga selesai.

Di Indonesia, sebenarnya telah beredar kamera Ricoh Theta yang memiliki kemapuan serupa dengan Samsung Gear 360. Hanya saja keduanya memiliki bentuk yang berbeda.

Jika Samsung Gear 360 memiliki desain membuka seperti bola mata, maka Ricoh Theta memiliki bentuk memanjang ke atas dengan tombol shutter di bagian bawahnya.

Hal ini tentunya dapat menjadi pilihan bagi Anda dalam menentukan kamera 360 mana yang cocok dan nyaman digunakan dengan aktivitas yang Anda lakukan.

(kem)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini