Perusahaan China Diam-Diam Curi Data Pengguna

Lely Maulida, Jurnalis · Selasa 20 Desember 2016, 16:14 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2016 12 20 207 1571355 perusahaan-china-diam-diam-curi-data-pengguna-4Nn4R993zC.jpg (Foto: Reuters)

BEIJING - Beberapa perusahaan teknologi China dilaporkan melakukan praktik bisnis tertutup dengan memasang AdsUp. Menurut laporan Trustlook, daftar perusahaan tersebut familiar di kalangan pengguna termasuk ZTE, Lenovo, MediaTek, dan Archos yang bahkan berbasis di Prancis.

Software AdUps digunakan oleh produsen perangkat Android untuk memeriksa dan melayani update firmware. Perangkat lunak yang dipasang perusahaan tersebut diam-diam mengirim data pribadi pengguna ke server terpencil di China.

Kegiatan ini dilakukan atas perintah dari produsen China yang namanya belum diungkap. Namun 43 produsen perangkat mobile di China tidak sependapat dengan hal tersebut.

Pemerintah AS dilaporkan sedang menyelidiki praktik tertutup ini, serta mengkaji sanksi yang layak.

Dilansir Slashgear, Selasa (20/12/2016), ZTE dan Lenovo mengakui keterlibatannya dalam praktik ini. Sejak kabar ini berkembang BLU Products bertindak cepat untuk mengantisipasi dampak serupa dengan mengganti software update firmware resmi dari Google.

(kem)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini