Resmi Dimatikan, Selamat Tinggal Cyanogen

Agregasi Solopos, Jurnalis · Selasa 27 Desember 2016 21:49 WIB
https: img.okezone.com content 2016 12 27 207 1577002 resmi-dimatikan-selamat-tinggal-cyanogen-7FnkoHQx9I.jpg (Foto: Phonearena)

SOLO — Sistem operasi berbasis Android, Cyanogen, akan dimatikan pada 31 Desember 2016. Kabar berhentinya OS Cynaogen telah muncul beberapa hari lalu.

Seperti dikutip Solopos.com dari Phonearena, beredarnya kabar matinya OS smartphone Cyanogen berasal dari siaran pers Cyanogen.

Kematian OS smartphone Cyanogen sudah diduga sebelumnya setelah perusahaan asal Amerika Serikat itu menutup beberapa kantor cabangnya. Sepertinya Cyanogen sedang mengalami masalah keuangan sehingga akan melakukan PHK terhadap para pekerjanya.

Co-Founder Cyanogen, Steve Kondik, sudah membicarakan rebranding sistem operasinya bersama beberapa perusahaan crowdfunding. Kabar rebranding itu diperkuat dengan adanya software di GitHUb Lineage Android Distribution yang dihubungkan dengan Cyanogen.

Sistem operasi Cyanogen kali pertama dirilis pada Juli 2009. Cyanogen yang pertama dihadirkan adalah versi 3.1 dan setelah itu ada 50 juta pengguna Cynaogen di seluruh dunia. Tapi penggunanya terus menerus berkurang hingga memiliki CM14.1 yang terhubung Android 7.1 Nougat. Sayonara Cyanogen.

(ahl)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini