Foxconn Berniat Hapuskan Pekerja Manusia Jadi Robot

Lely Maulida, Jurnalis · Sabtu 31 Desember 2016 13:22 WIB
https: img.okezone.com content 2016 12 31 207 1580160 foxconn-berniat-hapuskan-pekerja-manusia-jadi-robot-BTljOWOmu0.jpg (Foto: Digitaltrends)

CHINA - Foxconn, salah satu pemasok Apple, kabarnya akan mulai meminimalisasi jumlah tenaga kerja manusia dan menggantinya dengan robot. Langkah ini menyoroti tren yang berkembang dalam industri teknologi, untuk mempercepat produktivitas perusahaan dan menghemat biaya operasional produksi.

Dai Jia-peng, General Manager Foxconn’s Automation Technology Development Committee, mengatakan bahwa perusahaannya akan mengatur otomatisasi pabrik dalam tiga tahap.

Tahap pertama, dijelaskan Dai Jia-peng, pabrik akan dilengkapi dengan robot di workstation individu. Robot ini akan menangani tugas-tugas yang terlalu berbahaya bagi manusia atau hal-hal yang biasanya enggan dilakukan oleh manusia.

Tahap kedua adalah menerapkan robot di seluruh lini produksi. Di tahap terakhir, hanya beberapa staf yang akan memegang peran dalam operasional produksi seperti logistik, inspeksi, dan quality control.

Dilansir Digital Trends, Sabtu (31/12/2016), beberapa pabrik telah mencapai fase ketiga seperti di Chengdu, Shenzen, dan Zhengzhou.

(kem)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini