Ilmuwan Mulai Temukan Asal Usul Bulan

Kustin Ayuwuragil Desmuflihah, Jurnalis · Selasa 10 Januari 2017, 13:44 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2017 01 10 56 1587652 ilmuwan-mulai-temukan-asal-usul-bulan-wHqJqf6dav.jpg Foto: BGR

CALIFORNIA – Manusia telah hidup selama ribuan tahun, terbukti dengan ditemukannya benda dari peradaban yang hidup sejak 5.000-6.000 tahun silam. Sejak peradaban ada, manusia selalu bertanya-tanya dari mana asal Bulan dan mengapa dia menggantung di atas langit.

Baru-baru ini, tiga ilmuwan memublikasikan temuan mereka yang menjawab pertanyaan tersebut di Nature Geoscience. Mereka menjabarkan teori lama tentang pembentukan Bulan.

Ketiganya percaya bahwa Bulan adalah produk dari banyaknya tabrakan kecil Bumi dengan berbagai benda langit seperti meteor misalnya. Mereka disebut ‘impactor’. Hasil tabrakan yang dinamai impacts, kemudian menabrak beberapa material Bumi dan akhirnya berpadu menjadi satu bulatan. Penciptaan dan penggabungan ini disebut ‘moonlets’ dan terjadi selama periode waktu kira-kira 100 juta tahun.

Para peneliti menjalankan ratusan simulasi komputer untuk menghasilkan contoh dari Bumi yang baru lahir bertabrakan dengan benda-benda lain dan akhirnya membentuk satelit alam seperti Bulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sekira 20 tabrakan diperlukan untuk menghasilkan puing-puing ruang angkasa yang kemudian terikat menjadi Bulan.

Baru-baru ini, banyak ilmuwan mendukung teori yang disebut hipotesis ‘single impact’. Teori ini menyatakan bahwa Bulan adalah produk dari tabrakan tunggal yang besar antara Bumi dan benda angkasa lainnya. Namun karena Bumi dan Bulan sangat mirip dalam tampilan mereka, teori ini terus kehilangan bukti. Teori multi-tabrakan ini akan pergi jauh menuju penjelas mengapa Bulan tampak terdiri dari bahan dasar yang sama seperti Bumi.

(kem)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini