Awas, Selfie Gaya Dua Jari Bisa Membuat Identitas Anda Dicuri

Kustin Ayuwuragil Desmuflihah, Jurnalis · Rabu 11 Januari 2017, 18:52 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2017 01 11 207 1589129 awas-selfie-gaya-dua-jari-bisa-membuat-identitas-anda-dicuri-8nLsqUgfvm.png Foto: Shutterstock

TOKYO – Peneliti Jepang belum lama ini mengklaim bahwa kamera handal dan handset modern mampu mencuri fingerprint hanya dari selfie. Meski awalnya ini hanya ada di serial TV maupun film, ilmuwan Isao Echizen berhasil melakukannya.

Dalam interview-nya dengan koran Sankei Shimbun, professor Japanese National Institute of Informatics melaporkan dia berhasil mendapatkan sidik jari dari selfie yang modelnya berpose 'peace' atau gaya dua jari yang berjarak 10 meter dari kamera.

Dia kemudian memperingatkan agar seseorang tidak menggunakan gaya tersebut karena gaya peace ini sudah tren di negara-negara Asia Timur selama beberapa waktu yang lama. Dia juga mengumumkan bahwa timnya di kampus telah mengembangkan teknologi penanggulangan pencurian sidik jari yang menggunakan zat berdasarkan titanium oksida untuk menutupi atau bahkan menghasilkan gambar palsu dari sidik jari yang ditangkap dalam foto.

Meski teknik berbahaya ini mungkin masih agak terlalu modern untuk digunakan dalam skala besar, profesor Echizen memperingatkan bahwa keunikan sidik jari dan retina bisa menjadi tonggak metode otentikasi biometrik Achilles yang modern. Demikian seperti dilaporkan Phone Arena, Rabu (11/1/2017).

(kem)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini