Nova Merah Bakal Terlihat dengan Mata Telanjang

Lely Maulida, Jurnalis · Rabu 11 Januari 2017, 20:34 WIB
https: img.okeinfo.net content 2017 01 11 56 1589219 nova-merah-bakal-terlihat-dengan-mata-telanjang-W8sqEnNBfj.jpg (Foto: Techspot)

CALIFORNIA - Sekelompok ilmuwan dan mahasiswa yang dipimpin oleh profesor Universitas Calvin, Larry Molnar, memprediksi bahwa pada 2020, peristiwa besar di langit akan terlihat dengan mata telanjang.

Molnar mengungkapkan bahwa ia dan rekannya telah mengikuti bintang biner KIC 9832227 selama beberapa tahun. Seperti namanya, bintang biner sebenarnya adalah dua bintang yang mengorbit satu sama lain.

Salah satu dari bintang tersebut 40 persen lebih besar dari matahari, lainnya sepertiga dari ukuran matahari. Tahun 2013, para ilmuwan menyadari bahwa mereka melihat dua bintang, bukan hanya satu.

Analisis lebih lanjut menunjukkan bahwa kedua bintang ini berada pada jalur yang bertabrakan untuk menciptakan nova merah. Kejadian tersebut akan membuat ledakan pada suatu tempat dari supernova dan Nova klasik.

Jika tabrakan terjadi, Molnar memprediksi peristiwa itu akan menjadi yang pertama kalinya. Cahaya yang dihasilkan juga akan 10 ribu kali lebih terang dari sistem biner dibanding langit malam saat ini.

Dilansir Techspot, Rabu (11/1/2017), cahaya yang dihasilkan nova merah ini akan terlihat dengan mata telanjang, dan kemungkinan seterang bintang polaris yang terletak di atas langit kutub utara.

(kem)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini