Persiapan 5G, Operator Usung Teknologi Massive MIMO

Moch Prima Fauzi, Jurnalis · Senin 16 Januari 2017, 14:41 WIB
https: img.okeinfo.net content 2017 01 16 54 1592652 persiapan-5g-operator-usung-teknologi-massive-mimo-QVA92FrnvN.jpg (Foto: Moch Prima Fauzi/Okezone)

TANGERANG - Dalam rangka memperluas dan meningkatan jangkauan jaringan miliknya, PT Smartfren Telecom hari ini memperkenalkan teknologi terbaru bernama Massive MIMO. Teknologi ini disebut sebagai langkah pertama Smartfren dalam menyambut jaringan 5G.

Bekerjasama dengan ZTE, penggunaan teknologi tersebut dikatakan memiliki dua tujuan utama yakni sebagai optimalisasi jaringan 4G LTE Advanced dan persiapan infrastruktur untuk menyambut datangnya era 5G, sehingga disebut teknologi Pre-5G.

Beberapa keuntungan dari penerapan Massive MIMO ini dijelaskan Christian Daigneault, Chief Technical Officer Smartfren. Ia mengatakan bahwa teknologi tersebut mendukung peningkatan kecepatan, lebih awet baterai, minimnya rebutan koneksi serta lebih banyak dalam jumlah antena.

"Teknologi ini memiliki peningkatan dalam kapasitas, reliability, efisiensi energi, reduce interference, dan lebih banyak antena yg dimiliki. Massive MIMO tidak membutuhkan perangkat baru dan dapat diterapkan di perangkat yang sudah ada saat ini," jelas Christian saat jumpa pers di Kantor Smartfren yang berada di kawasan Tangerang, Senin (16/1/2017).

Teknologi ini sendiri akan digunakan secara berdampingan dengan base transceiver station (BTS) Smartfren baik yang telah ada maupun yang akan dibangun nanti. Saat ini operator bernuansa merah ini diketahui telah memiliki cakupan di 200 kota besar di Indonesia.

Sementara penerapan dari teknologi Massive MIMO dijadwalkan akan berlangsung pada kuartal III tahun ini dengan penambahan jumlah unit.

(ahl)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini