Peritel Indonesia Rambah Dunia Maya

Moch Prima Fauzi, Jurnalis · Rabu 18 Januari 2017 18:36 WIB
https: img.okezone.com content 2017 01 18 207 1594939 peritel-indonesia-rambah-dunia-maya-6bF3vhpXk9.jpg E-commerce. (Foto Forbes)

JAKARTA - Semakin terjangkaunya cakupan internet saat ini dapat memberikan banyak manfaat tak hanya dari arus informasi, melainkan dunia bisnis. Oleh karena itu, dengan perkembangan zaman, bisnis online telah banyak diadopsi.

Salah satu upaya pemanfaatan internet tersebut ialah melalui penyediaan toko-toko online. Dibandingkan toko fisik saat ini, keberadaan toko online lebih dapat menjangkau konsumen secara luas karena tak terbatas ruang dan waktu.

Pertumbuhan toko online sendiri disebutkan oleh Ketua Asosiasi Pedagang Ritel Indonesia (Aprindo), Roy Nicholas Mande, sejalan dengan tumbuhnya tren e-commerce saat ini.

Menurutnya, saat ini telah ada 70% hingga 75% peritel yang mulai mengembangkan bisnis ke sektor e-commerce dengan membuka toko online. Hal itu dapat dijadikan tambahan layanan bagi peritel di Indonesia selain membuka toko fisik.

"Para anggota Aprindo hampir 70% sampai 75% telah mengembangkan e-commerce selain toko fisik," kata Roy kepada Okezone, Rabu (18/1/2017).

Sebagain besar peritel yang telah menggunakan sistem online tersebut berasal dari wilayah Jakarta. Hanya saja menurut Roy, masih ada peritel di daerah yang masih belum mengembangkan bisnis ke era e-commerce saat ini.

Aprindo sendiri merupakan wadah bagi para peritel Indonesia yang ingin mengembangkan bisnisnya ke sektor e-commerce melalui ajang Internet Retailling Expo 2017.

(kem)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini