Nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Foxconn Evaluasi Investasi Rp93 Triliun Bikin Pabrik di AS

Dini Listiyani, Jurnalis · Rabu 25 Januari 2017 10:46 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2017 01 25 207 1600331 foxconn-evaluasi-investasi-rp93-triliun-bikin-pabrik-di-as-82J02JT8eB.jpg (Foto: Ubergizmo)

BEIJING - Manufaktur raksasa China, Foxconn, sedang mempertimbangkan investasi sebesar USD7 miliar atau setara Rp93 triliun untuk membangun pabrik perakitan panel layar flat baru di Amerika Serikat (AS). Rencana tersebut dipaparkan Ketua Foxconn, Terry Guo, di sebuah acara perusahaan pada akhir pekan ini.

Pabrik baru Foxconn di AS diprediksi bisa menciptakan 30 ribu hingga 50 ribu pekerja baru. Foxconn telah mempertimbangkan membangun fasilitas tersebut di AS sejak 2014. Jika perusahaan itu pindah sekarang, menurut Guo dibutuhkan insentif yang cukup besar dari pemerintah dalam bentuk akses ke tanah murah dan power.

Disitat dari The Verge, Rabu (25/1/2017), pabrik baru mungkin investasi bersama Apple. Mengingat, Apple juga membutuhkan panel layar. Foxconn sendiri merupakan mitra manufaktur terbesar Apple dan menjalankan pabrik iPhone terbesar di dunia dengan keringan pajak yang cukup besar dari Pemerintah China.

Bloomberg melaporkan, fasilitas baru juga akan melibatkan produsen display Jepang, Sharp, yang dibeli Foxconn tahun lalu sebesar USD3,5 miliar atau sekira Rp46 triliun. Rencana Foxconn untuk memindahkan pabrik ke AS ini bukan yang pertama kali terdengar, sebab logo Foxconn muncul dalam presentasi kepada wartawan oleh CEO SoftBank Masayoshi Son pada tahun lalu.

Dalam presentasi yang sama diumumkan bahwa SoftBank akan menggelontorkan dana sebesar USD50 miliar atau setara Rp666 triliun di AS selama empat tahun ke depan.

(din)

Loading...

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini