NASA Ungkap Bahaya Radiasi saat Terbang dengan Pesawat

Aditya Gema Pratomo, Jurnalis · Senin 30 Januari 2017 05:28 WIB
https: img.okezone.com content 2017 01 29 56 1604087 nasa-ungkap-bahaya-radiasi-saat-terbang-dengan-pesawat-V42dK3oa0c.jpg (foto: Daily Mail)

CALIFORNIA - Penelitian terbaru NASA mengungkapkan bahaya tersembunyi dari bepergian menggunakan pesawat terbang. Penelitan tersebut menunjukkan bahwa pesawat terbang ternyata mengeluarkan radiasi tinggi.

Dalam melakukan penelitian, para peneliti NASA menggunakan balon cuaca. Mereka menerbangkan balon tersebut di ketinggian 26 ribu hingga 120 ribu kaki di atas permukaan tanah.

Dari studi itu terungkap bahwa terdapat peningkatan radiasi terjadi seiring dengan meningkatnya ketinggian. Di ketinggian tertentu, partikel dengan energi yang cukup dapat menembus magnetosfer dan atmosfer.

Partikel-partikel itu bertabrakan dengan molekul nitrogen dan oksigen. Proses tersebut menyebabkan partikel radiasi menjadi partikel yang berbeda melalui proses yang disebut kaskade nukleonik dan elektromagnetik.

Radiasi yang terbentuk akan berbahaya bagi pilot dan awak pesawat yang sering berada di ketinggian 30.000-40.000 kaki di atas permukaan laut.

Sebagai informasi, bumi memiliki sebuah perisai yang dapat melindungi manusia dari bahaya radiasi kosmik. Jika seseorang terpapar radiasi kosmik maka dirinya akan mengalami Demensia atau penyakit hilang ingatan. Demikian sebagaimana diwartakan oleh Daily Mail, Senin (30/1/2017).

(kem)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini