Berawal dari Coba-Coba, Martin Cooper Ciptakan Ponsel Seluler

Dini Listiyani, Jurnalis · Rabu 01 Februari 2017 17:03 WIB
https: img.okeinfo.net content 2017 02 01 207 1606737 berawal-dari-coba-coba-martin-cooper-ciptakan-ponsel-seluler-r1ETlqEEuI.jpg Martin Cooper (Foto: Reuters)

JAKARTA - Kian hari berkomunikasi semakin mudah saja, tak dipungkiri ini berkat perkembangan smartphone yang cukup pesat dalam beberapa tahun belakangan. Kesuksesan smartphone sendiri tak lepas dari teknologi ponsel genggam sebelumnya.

Namun, pernahkahkah Anda bertanya siapa sosok inovatif di balik terciptanya telefon genggam pertama? Ya, dia tak lain Martin Cooper, orang yang sering dijuluki sebagai bapak ponsel seluler. Semasa kecilnya, Cooper sendiri menjadi anak yang kerap mencoba untuk memahami bagaimana sesuatu bekerja.

Anak pasangan Arthur and Mary Cooper itu lulus dari Illinois Institute of Technology pada 1950. Lulus Illinois Institute of Technology dia bekerja di Teletype Corporation of Chicago, pembuat unit yang menyediakan layanan komunikasi jarak jauh ke media.

Hingga 1954, pria kelahiran 28 Desember 1928 itu memilih keluar dan bergabung dengan Motorola, Inc. Di sini, Cooper memperoleh gelar master di bidang teknik elektro dari Illinois Institute of Technology pada 1957. Di Motorola, ia ditugaskan ke divisi yang bekerja pada radio portable genggam polisi pertama, yang dikenal di Chicago pada 1967. Pada saat itu, ia maju ke posisi direktur operasi dan selama sembilan tahun berikutnya ia memiliki kontribusi paling signifikan untuk masa depan komunikasi mobile ketika melayani perusahaan.

Disitat dari Encyclopedia, Kamis (2/2/2017), ponsel seluler berbasis mobil digunakan terbatas di kota-kota besar Amerika Serikat (AS) sejak 1930. Pada awal 1970-an, ponsel seluler berbasis mobil digunakan dengan sistem komunikasi yang disebut Mobile Telephone Service. Sayangnya, sistem ini tidak bisa diandalkan dan rawan kemacetan di daerah perkotaan karena tidak mungkin lebih dari 24 saluran beroperasi pada jaringan tertentu.

Bell Laboratorium, divisi penelitian dari American Telephone & Telegraph Company (dikenal AT&T) disebut sebagai pesaing utama Motorola pada saat itu. Pasalnya, AT&T memiliki monopoli layanan telefon tradisional di AS, dan bekerja pada bentuk komunikasi mobile baru yang bisa ditawarkan kepada pelanggan.

Cooper menjelaskan perseteruan antara keduanya dalam sebuah wawancara Electronic Design interview pada 2003. "Itu dua atribut yang memuakkan kepada kami. Salah satunya, At&t akan mengoperasikan layanan seluler baru sebagai monopoli, yang lain bahwa solusi itu telefon mobil. Kami harus membuktikan kepada dunia bahwa kedua atribut ini tidak dalam kepentingan publik," katanya.

Tim legal Motorola mulai mengerjakan proposal untuk Federal Communications Commission (FCC) untuk memenangkan persetujuan, di mana perusahaan swasta sepertinya mengoperasikan jaringan komunikasi via frekuensi radio yang akan menjadi langkah penting dalam memasuki pasar layanan ponsel seluler dan mencegah AT&T terus memonopoli. Pada 1972, Cooper dan timnya mulai bekerja pada sebuah ponsel portable, dan menjalankan tes pertamanya di Washington.

Hasilnya adalah Dyna-Tac, di mana staf Motorola menjuluki "telefon sepatu" untuk profil desain. Ponsel ini memiliki bobot seberat 30 ons atau hampir dua pound, dan memiliki panjang 10 inci. Demonstrasi publik untuk ponsel pertama di dunia ini pun muncul pada 3 April 1973 di New York City. Cooper dan insinyur di Motorola memasang pemacar seluler pertama di atas Burlington Consolidated Tower (kemudian berganti nama menjadi Gedung Capital Alliance) di Sixth Avenue.

Pencapaian yang dilakukannya ini terbayar dengan naiknya posisi Cooper di Motorola menjadi manajer divisi di Motorola pada 1977 dan kemudian wakil presiden, terakhir direktur perusahaan untuk penelitian dan pengembangan setahun kemudian. Pada 1983, komersial layanan telefon seluler pertama mulai beroperasi di AS, Cooper justru meninggalkan perusahaan dan membangun perusahaan sendiri Cellular Business Systems, Inc. Perusahaan sofware berbasis di Chicago ini menangani tagihan untuk penyedia layanan telefon seluler dan dijual ke Cincinnati Bell pada 1986.

Tahun-tahun awal layanan telefon komunikasi nirkabel, Cooper dan Motorola telah kehilangan perang ideologi mereka dengan AT&t, di mana telefon mobil mendominasi pasar. Dan, ponsel portabel ringan tak membuat terobosan signifikan dengan konsumen hingga awal 1990-an. Meski begitu Cooper tetap yakin jika kepraktisan, konsep aslinya.

Pada saat itu, Cooper telah memangku sebagai chair and CEO perusahaan lainnya yakni Cellular Pay Phone Inc. Dan, pada 1992 ditandatangani dengan Arraycomm Inc., di Del Mar, California sebagai chair and CEO. Perusahaan ini didirikan oleh dua penemu laun dan bekerja pada aplikasi wireless internet. "Seluler adalah cikal bakal komunikasi nirkabel benar," katanya kepada Oehmke di New York Times pada tahun 2000.

(din)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini