Beralih ke Produk Klinis, Jawbone Hengkang dari Pasar Wearable Konsumen

Dini Listiyani, Jurnalis · Minggu 05 Februari 2017 11:13 WIB
https: img.okezone.com content 2017 02 05 207 1609861 beralih-ke-produk-klinis-jawbone-hengkang-dari-pasar-wearable-konsumen-aHvGNHaBv9.jpg (Foto: Phone Arena)

CALIFORNIA – Jawbone, produsen aksesori elektronik seperti earphone, bluetooth speaker, dan fitness tracker, hengkang dari pasar wearbale konsumen. Produsen fitness tracker ini justru memilih fokus ke produk medis yang dijual langsung ke praktisi klinis.

Jawbone rupanya telah memutuskan di mana harus pergi dalam rangka persaingan dan menghasilkan uang. Sumber yang akrab dengan masalah ini ikut memberikan komentarnya via Tech Crunch.

"Jika Anda berpikir tentang apa yang produsen elektronik konsumen baik lihat seperti, margin 30%, siklus rilis tahunan dan risiko yang sangat besar. Ini berubah menjadi permainan blockbuster. Tetapi, orang-orang di daerah lain seperti Omada dan layanan lainnya, mereka memiliki manusia yang terlibat tapi dengan margin kontribusi hampir 100%," katanya.

"Ini ekonomi yang sangat berbeda. Setiap perusahaan wearable hari ini akan berpose dengan pertanyaan ini, 'Apakah saya ingin bermain di konsumen dan margin yang sempit, atau kesehatan dan layanan dan membuat margin yang luar biasa tetapi dengan kemungkinan banyak biaya tetap dimuka," tambahnya.

Hal ini akan menarik melihat apakah pemain wearable seperti Fitbit dan Apple yang bisa dikatakan sebagai pemain besar dalam industri wearable akan berakhir di jalur yang sama dengan Jawbone. Demikian sebagaimana dikutip dari Phone Arena, Minggu (5/2/2017).

(din)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini