Nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Wikipedia Coret Daily Mail sebagai Sumber Tepercaya

Aditya Gema Pratomo, Jurnalis · Kamis 09 Februari 2017 18:59 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2017 02 09 207 1614156 wikipedia-coret-daily-mail-sebagai-sumber-tepercaya-lKTHP5mrV1.jpg (foto: Google Play)

CALIFORNIA - Para editor Wikipedia telah melarang penggunaan Daily Mail sebagai sumber artikel. Mereka menganggap bahwa Daily Mail sebagai sumber yang tidak dapat diandalkan.

Langkah tersebut merupakan hal yang baru bagi Wikipedia. Sebab, pelarangan sebuah media merupakan hal yang pertama kali dilakukan Wikipedia. Sejauh ini, mereka masih memperbolehkan pengambilan informasi dari Fox News yang sering dianggap tidak kredibel dalam menyajikan berita.

Para editor berpendapat bahwa reputasi Daily Mail sebagai media yang jarang mencari fakta dan mengedepankan sensasi sebagai alasan utama pemberlakuan larangan ini.

"Berdasarkan permintaan dari para relawan editor di Wikipedia versi bahasa, kini penggunaan Daily Mail sebagai referensi dilarang," bunyi pernyataan Yayasan Wikimedia (pengelola Wikipedia).

Namun, beberapa editor juga menolak proposal ini. Mereka mengatakan bahwa Daily Mail terkadang dapat menjadi andalan. Demikian seperti dikutip dari The Guardian, Kamis (9/2/2017).

(kem)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini