Nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Duel Smartwatch Tahan Air, Gear S3 vs Zenwatch 3

Dini Listiyani, Jurnalis · Jum'at 10 Februari 2017 14:55 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2017 02 10 92 1614855 duel-smartwatch-tahan-air-gear-s3-vs-zenwatch-3-QMtwdQiHO6.jpg Gear S3 (Foto: Dini Listiyani/ Okezone)

JAM tangan tak hanya digunakan untuk menunjukkan waktu saja sebab fungsi jam tangan saat ini telah diperluas. Salah satunya untuk memantau kesehatan penggunanya.

Ya, fungsi itu hadir pada jam pintar yang sekarang ini telah banyak muncul di pasaran. Samsung Gear S3 menjadi salah satunya.

Suksesor Gear S2 ini memiliki banyak kelebihan dibanding jam tangan biasanya. Apa saja itu? Simak saja ulasan jam tangan pintar terbaru Samsung ini.

Desain dan Body

Gear S3 memiliki desain yang elegan dilengkapi dengan material Stainless Steel 316L. Ia juga dibekali dengan dimensi 49 x 46 x 12,9 mm.

Bicara bobot, Gear S3 memiliki bobot seberat 59 gram. Tak hanya itu, layaknya jam pintar pendahulunya, Samsung Gear S3 ini sudah dilengkapi dengan kemampuan tahan air berkat dukungan IP68, yang penulis kerap mengajak jam tangan untuk berwudhu.

Samsung Gear S3 memiliki tiga tombol di samping kanan tubuhnya. Tombol paling atas berfungsi sebagai back, sementara tombol di bawahnya berfungsi sebagai power.

Display

Untuk layar Gear S3, Samsung menyematkan panel layar Super AMOLED 1,3 inci beresolusi 360 x 360. Layar Gear S3 yang berbentuk bulat ini dilapisi dengan Corning Gorilla Glass SR+. Layar Gear S3 ini cukup responsif saat disentuh.

Menariknya, Samsung membawa fungsi bezel rotasi pada jam tangan Gear S3, seperti pendahulunya Gear S2.

Dengan kemampuan putar pada bezel itu, Anda hanya perlu memutar pinggiran layar Gear S3 untuk memilih menu, meskipun layar ini pada dasarnya bisa disentuh.

Performa Gear S3

Untuk OS Gear S3, Samsung Gear S3 ini dibekali dengan sistem operasi wearable berbasis Tizen platform 2.3.2. Sementara untuk jeroannya, ia dibekali dengan chipset Exynos 7270 dengan CPU Dual-core 1.0 GHz. Gear S3 ini dibekali memori internal 4 GB dan RAM 768 MB. Sayangnya jam pintar ini tak dibekali dengan slot microSD.

Dengan jeroan itu, ketika dijajal Okezone selama beberapa hari belakangan ini, Gear S3 bisa berlari kencang. Terlebih saat dijajal bermain game, ia juga menawarkan performa yang baik dengan grafis yang baik.

Selain itu, jam pintar ini juga memiliki baragam kemampuan seperti mampu memutar musik, membuka galeri, e-mail, SMS (bisa digunakan ketika terhubung ke smartphone), mengukur kalori dan banyak lagi fitur. Terlepas dari kekayaan fitur ini, sayangnya Gear S3 ini tak mendukung pengambilan gambar atau kamera.

Fitur

Tak sekadar jam tangan, Gear S3 membawa banyak sensor sebagai pembedanya mencakup Accelerometer, gyro, heart rate, barometer. Sensor-sensor ini sangat berguna memantau kesehatan penggunanya. Selain itu, jam pintar ini juga disematkan S-Voice, di mana ini berfungsi menjadi asisten pribadi Anda.

Ketika dijajal menggunakan S-Voice, ia mampu merespon perintah membuka aplikasi di dalam smartwatch walaupun terkadang sedikit lama merespon perintah itu. Di samping itu, Gear S3 juga memiliki kemampuan Voice memo atau dial.

Baterai

Gear S3 disokong dengan baterai Non-removable Li-Ion berkapasitas 380 mAh. Kapasitas baterai ini terbilang memiliki kemampuan yang lama. Dari penggunaan Okezone, jam tangan ini mampu bertahan selama tiga hari sekali charge.

Samsung Gear S3 juga memiliki kemampuan mengisi cepat, jadi pengguna tak perlu waktu lama untuk mengisi daya Gear S3.

Dibandingkan Zenwatch 3

Zenwatch 3 memiliki desain mirip dengan Gear S3, bulat denganĀ  tombol di samping kanannya. Tak hanya itu, Zenwatch 3 juga dibekali dengan kemampuan tahan air, hal ini tentu berkat sertifikasi IP67. Untuk urusan layar, Zenwatch 3 ini dibekali dengan layar AMOLED 1,39 inci beresolusi 400 x 400 piksel.

Layar Zenwatch 3 dibalut dengan Corning Gorilla Glass 3. Untuk bagian dalamnya, Asus mempercayakan Qualcomm Snapdragon Wear 2100, RAM 512 MB dan memori internal 4 GB.

Sementara untuk sistem operasi, Asus dan Samsung menggunakan sistem operasi yang berbeda. Jika Asus menggunakan OS Google Android Wear 2, lain halnya dengan Gear S3 yang memilih menggunakan Tizen.

(din)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini