Startup Layanan Bea Cukai hingga Persewaan Kantongi USD50 Ribu dari Ideabox

Kustin Ayuwuragil Desmuflihah, Jurnalis · Senin 13 Februari 2017, 18:26 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2017 02 13 207 1617154 startup-layanan-bea-cukai-hingga-persewaan-kantongi-usd50-ribu-dari-ideabox-DM3qTULFyb.jpeg Foto: Okezone/ Kustin Ayuwuragil

JAKARTA – Akselerator teknologi hasil inisiatif joint venture dari Indosat Ooreddo, Mountain Partners, dan Kejora yakni Ideabox akhirnya menemukan tiga startup yang akan “ditetaskan” di batch 4. Ketiganya memenangkan pendanaan awal USD50 ribu ditambah dengan intensif pembinaan dengan mentor lokal dan internasional yang akan membantu membesarkan mereka.

Andi Zain, managing director Kejora, mengumumkan tiga startup pemenang adalah Andalin, Ayo Slide, dan Sevva. Ketiganya merupakan finalis dari 15 besar yang tersaring dari 300 startup yang mendaftar untuk program ini. Ia menerangkan, gelombang keempat ini lebih menantang, namun juga lebih baik ketimbang penyelenggaraan sebelumnya.

“Tahun ini kami melalui proses seleksi cukup berat karena kualitas dan variasi startup yang meningkat dari tahun sebelumnya. Kami menyukai solusi-solusi yang ditawarkan oleh para startup yang menawarkan solusi pemecahan masalah yang lebih luas dengan bantuan teknologi. Pada akhirnya, pemenang batch 4 adalah perusahaan yang kami yakini bisa berkembang dengan tambahan nilai melalui jaringan kami dan bisa berakselerasi melalui program kami,” kata Andi.

Prashant Gokarn, chief of new business and inovation Indosat Ooredoo, mengatakan bahwa terlibat dalam program seperti ini tidak hanya akan memberikan keuntungan kepada perusahaan tetapi juga pada ekosistem dan tentunya pengguna Indosat Ooreedoo. Investasi seperti ini juga dilihat sebagai regenerasi untuk perkembangan industri.

“Membangun digital ecosystem di Indonesia merupakan langkah terpenting bagi perusahaan. Kami bersemangat menjalankan tahun keempat ini karena kami masih melihat perlu menjangkau para entrepeneur muda yang berbakat dan membekali mereka dengan pengetahuan pendanaan awal dan dukungan komersial untuk mewujudkan ide-ide mereka menjadi kenyataan,” tambahnya.

Sementara Andalin yang terpilih merupakan website one-stop service untuk membantu UKM dalam bidang ekspor-impor. Startup ini melayani pengurusan bea dan cukai yang lebih ke kargo.

Di sisi lain, Ayo Slide merupakan platform marketing bergerak dengan insentif iklan untuk pengguna Android. Pengiklan dapat mempromosikan produk mereka di lockscreen mobile phone pelanggan atau melalui mobile application.

Lalu yang terakhir Sevva, platform layanan penyewaan yang mempertemukan penyewa (vendor) dengan penyewa melalui rekening bersama. Platform ini ke depannya akan dibuat mirip marketplace namun bukannya untuk menjual beli barang melainkan sewa-menyewakan.

(kem)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini